Maria Kristin dan Andre Tedjono Tidak Masuk PPOP Jateng

SEMARANG, Kompas.com -Pebulu tangkis tunggal putri pelatnas, Maria Kristin Yulianti, tidak dimasukkan dalam program Pusat Pembinaan Olahraga Prestasi (PPOP) Jawa Tengah (Jateng) yang dipersiapkan tampil pada PON XVIII/2012 Riau.

Ketua Umum Pengprov PBSI Jateng HM Anwari di Semarang, Jumat mengatakan, Maria tidak masuk PPOP karena tidak bisa membela Jateng pada pesta olahraga multievent empat tahunan di Riau mendatang.

Selain Maria Kristin, kata dia, pebulu tangkis yang tidak masuk PPOP Jateng seperti Andre Kurniawan, Fransisca Ratnasari, Ryan Sukmawan, Yonathan Suryatama, Meliana Jauhari, dan lain sebagainya.

Ia menambahkan, pada PON XVIII mendatang memang ada pembatasan usia bagi pebulu tangkis yang turun, yaitu maksimal 25 tahun. “Tiga tahun mendatang usia Maria, Andre, Ryan, Yonathan, dan lain-lain sudah lebih dari 25 tahun,” katanya.

Menurut dia, untuk program PPOP Jateng, dirinya sebenarnya mengajukan 16 atlet dan lima pelatih tetapi yang disetujui KONI Provinsi Jateng hanya delapan atlet dan satu pelatih. Kedelapan pebulu tangkis yang masuk PPOP Jateng adalah Maria Febe Kusumastuti, M Akhsan, Tantowi Ahmad, Nugroho Andi Saputra (pelatnas), Feby Angguni, Debby Susanto (pelatnas), Dionysius Hayom Rumbaka, dan Anisa Wahyuni.

“Untuk pelatih yang masuk hanya Christian Hadinata padahal kita memiliki pelatih yang mantan pebulu tangkis nasional lainnya, seperti Sigit Budiarto, Antonius, dan lain-lain,” katanya menegaskan.

Ia menambahkan, untuk PON di Riau mendatang, PB PBSI sedang mengajukan usulan kepada PB PON bahwa masing-masing provinsi bisa menyertakan 16 pebulu tangkisnya yang terdiri dari delapan putra dan delapan putri. “Kalau pada PON-PON sebelumnya Jateng, Jabar, DKI Jakarta, dan Jawa Timur diberi kuota 13 atlet yang terdiri delapan putra dan lima putri, kemudian saat itu tidak ada pembatasan usia,” katanya.

Dengan usulan tersebut, menurut dia, Jateng mengusulkan 16 atlet yang masuk PPOP untuk persiapan tampil di Riau mendatang.
“Kita harapkan untuk waktu-waktu mendatang KONI Jateng bisa memenuhi keinginan PBSI Jateng untuk memasukkan 16 atlet sesuai yang ditetapkan PB PON,” katanya.

Posted by Peji Nopeles

Leave a comment