Ganda Putri Indonesia Absen di Kejuaraan Dunia

JAKARTA–MI: Sektor ganda putri tidak akan mengirimkan pemain pada Kejuaraan Dunia yang berlangsung di Paris, Prancis, 23-29 Agustus mendatang.

“Kami (ganda putri) tidak berangkat karena yang lolos kualifikasi adalah pasangan lama,” ujar pelatih ganda putri Aryono Miranat seusai sesi latihan di Pelatnas Cipayung, Jakarta, Jumat (16/7).

Dalam daftar pemain yang lolos kualifikasi, yang dikeluarkan Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) per 12 Juli, ganda putri meloloskan  pasangan  Greysia Polii/Nitya Krishinda dan Shendy Puspa Irawati/Meiliana Jauhari.

Namun dua pasangan tersebut sudah dipisah dan dibentuk pasangan baru Greysia/Meiliana dan Shendy/Nitya. “Kami mau fokus ke pasangan baru,” kata Aryono.

Kalaupun mereka berangkat dan mendapat poin, poinnya akan diberikan bagi pasangan lama sehingga tidak ada pengaruhnya bagi pasangan yang dibentuk awal tahun ini itu, tambah Aryono.

Ketua Bidang Pembinaan Prestasi PB PBSI Lius Pongoh mengatakan, pihaknya sempat  mengusahakan perubahan kepada BWF karena pemain yang tampil tetap sama, tetapi ditolak. “Waktu Piala Thomas di Malaysia (Mei lalu)  kami sempat mengajukan ke BWF supaya ditukar tetapi BWF menolak permintaan itu. Katanya tidak bisa ditukar karena peringkat ganda yang baru masih jauh,” ujar Lius Pongoh.

Saat ini, Greysia/Meiliana menempati peringkat 37 dunia sedangkan Shendy/Nitya berada pada urutan 57 dunia. Dengan absen di Kejuaraan Dunia, ganda putri akan memfokuskan diri pada turnamen besar Asian Games dan mengumpulkan poin agar lolos kualifikasi Olimpiade 2012.

Asian Games akan berlangsung di Guangzhou, China, 13-21 November 2010 sedangkan Olimpiade 2012 akan digelar di London, Inggris.

Pemain ganda putri, Shendy Puspa Irawati mengaku tidak kecewa meskipun tidak dikirim mengikuti Kejuaraan Dunia. “(Perasaannya) Biasa saja, kan masih ada tahun depan, dan masih ada Asian Games,” ujar Shendy mengenai absennya di turnamen tahunan itu.

Selain itu, tambah Shendy, mereka harus mulai mengumpulkan poin untuk mencapai peringkat delalan besar. “Kami harus mencapai delapan besar agar lolos ke Olimpiade,” katanya.

Pasangan juara Olimpiade Markis Kido/Hendra Setiawan juga belum memastikan apakah akan ambil bagian dalam kejuaraan yang menggunakan peringkat untuk menentukan pesertanya itu. “Belum pasti, karena ini bukan turnamen yang diwajibkan sponsor untuk diikuti,” ujar Kido yang dihubungi terpisah.

Sementara itu pemain profesional lainnya, Alvent Yulianto memastikan ia dan pasangannya Hendra Aprida Gunawan akan berangkat ke turnamen yang tidak menyediakan hadiah uang itu karena diwajibkan oleh sponsornya.

Berikut ini nama-nama pemain yang lolos kualifikasi Kejuaraan Dunia sesuai daftar yang dikeluarkan BWF pada 12 Juli:

Tunggal putra: Taufik Hidayat, Sony Dwi Kuncoro, Simon Santoso;

Tunggal putri: Maria Febe Kusumastuti, Adriyanti Firdasari;

Ganda putra: Markis Kido/Hendra Setiawan, Alvent Yulianto/Hendra Aprida Gunawan, Rian Sukmawan/Yonatan Suryatama;

Ganda putri: Greysia Polii/Nitya Krishinda, Shendy Puspa Irawati/Meiliana Jauhari;

Ganda campuran: Nova Widianto/Liliyana Natsir, Hendra Aprida Gunawan/Vita Marissa, Fran Kurniawan/Pia Zebadiah.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: