Ganda Putra Piala Thomas Latihan Bersama



JAKARTA, KOMPAS.com — Delapan pemain ganda putra yang disiapkan untuk tim Piala Thomas mulai latihan bersama di Pelatnas Cipayung, Jakarta, Rabu (31/3/2010).

Pelatih ganda putra pelatnas, Sigit Pamungkas, di sela-sela latihan menjelaskan bahwa pihaknya menyiapkan sembilan pemain, salah satunya pemain ganda campuran Nova Widianto, untuk menghadapi putaran final Piala Thomas di Kuala Lumpur, Malaysia, 9-16 Mei. “Nova saya pilih karena sudah membuktikan diri di SEA Games tahun lalu,” kata Sigit.

Pada final beregu putra di SEA Games Laos, Nova yang berpasangan dengan Mohammad Ahsan menjadi penentu kemenangan tim Indonesia 3-1 atas Malaysia.

Selain Nova, delapan pemain lainnya adalah Markis Kido, Hendra Setiawan, Rian Sukmawan, Yonatan Suryatama, Mohammad Ahsan, Bona Septano, Alvent Yulianto, dan Hendra Aprida Gunawan.

Latihan bersama antara pemain pelatnas dan dari luar pelatnas yang baru dimulai itu menurutnya akan dilanjutkan setiap Selasa, Kamis, dan Jumat. “Selain hari-hari itu, mereka (yang berasal dari luar pelatnas) akan berlatih sendiri,” katanya.

Untuk memudahkan latihan, para pemain yang berasal dari luar pelatnas bahkan mendapat kamar di asrama Cipayung untuk beristirahat.

Sigit menjelaskan, semua pemain itu mempunyai peluang yang sama untuk memperkuat tim. Namun, mereka harus berkompetisi untuk menjadi yang terbaik. “Saya sengaja mengambil sembilan pemain supaya mereka berkompetisi untuk masuk tim,” katanya.

Ia mengatakan, enam pemain yang akan memperkuat tim akan ditentukan setelah simulasi yang dijadwalkan pada 25 April di Solo.

“Yang paling penting adalah menentukan ganda kedua,” tambah Sigit. Menurut dia, posisi ganda kedua sangat menentukan, terutama saat tim ketinggalan angka oleh lawan, sehingga posisi tersebut harus ditempati pemain yang berpengalaman dengan mental yang kuat.

Menurutnya, perlu juga mencari pasangan yang peluangnya besar dalam menyumbang poin bagi tim, mengingat kekuatan ganda pertama di antara tim-tim kuat cukup merata. “Tim yang kuat tidak jauh-jauh dari China, Malaysia, Korea, Denmark, dan Indonesia. Ganda pertama tim-tim tersebut rata-rata seimbang,” katanya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: