Wow! Korea Terbuka Berhadiah Rp 11,1 M

LONDON, Kompas.com – Turnamen bulu tangkis Korea Terbuka tahun depan akan menjadi turnamen pertama dalam cabang olahraga bulu tangkis yang menawarkan hadiah uang lebih dari satu juta dollar AS. Event tersebut adalah satu dari lima yang disebutkan dalam siaran pers Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF), Jumat (21/5/10) malam, sebagai salah satu dari turnamen baru Premier Super Series, atau Grand Slam pertama.

Turnamen lainnya, yang sudah disetujui dalam pertemuan dewan BWF di Kuala Lumpur, adalah Indonesia, China, All England, dan Denmark.

Hadiah Korea Terbuka bisa mencapai 1,2 juta dollar AS (sekitar Rp 11,112 miliar), naik empat kali lipat dari tahun ini. Hadiah uang di Indonesia meningkat menjadi 600.000 dollar AS (sekitar Rp 5,556 miliar) sementara tiga yang lainnya masing-masing menawarkan minimal 350.000 dollar AS (sekitar Rp 3,241 miliar).

Akan ada tujuh turnamen Super Series tier kedua lainnya dengan minimal hadiah 200.000 dollar AS — di Perancis, Hongkong, India, Jepang, Malaysia, Singapura dan China.

Dengan demikian, total hadiah uang selama satu tahun, termasuk turnamen Premier, akan meningkat dari 3,3 juta dollar AS menjadi 4,7 juta dollar AS (sekitar Rp 43,522 miliar).

Presiden BWF Dr Kang Young-joong mengatakan: “Ada lebih banyak uang dalam olahraga ini, kami mempunyai turnamen yang untuk pertama kalinya berhadiah uang jutaan dollar dan di atas semuanya BWF menerima ketertarikan yang kuat dari negara-negara anggota kami.”

“Itu positif bagi olahraga ini dan saya sangat yakin kami menuju arah yang benar dalam hal membangun dan mempromosikan olahraga ini. Masa depan cerah.”

Terdapat 17 permohonan untuk menjadi tuan rumah event Super Series dan delapan untuk menyelenggarakan salah satu dari turnamen Premier.

Format Super Series diperkenalkan pada 2007 tetapi setelah dilihat kembali pada akhir 2009, diambil keputusan untuk memperkenalkan sistem dua tier mulai 2011.

Hmm…jika hadiah yang ditawarkan sangat fantastis, tentu saja akan semakin banyak muncul wajah-wajah baru bulu tangkis dunia. Lalu, bagaimana dengan pemain Indonesia? Apakah juga akan bangkit? Semoga.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: