Indonesia Super Series Naik Level

JAKARTA, (Pikiran Rakyat).- Indonesia super series masuk dalam lima regular Super Series Badminton World Federation (BWF) turnamen yang terpilih naik level ke tingkat Premier untuk musim 2011-2013. Keputusan ini dikeluarkan BWF Jumat (21/5) lalu.

Indonesia super series dinilai BWF layak untuk naik level turnamen karena memenuhi beberapa aspek yang disyaratkan yakni sarana, penyelenggaraan, sponsor, dan penonton. Selain Indonesia Super Series, empat turnamen lain yang naik level ke tingkat Premier yakni Korea Open, Denmark Open, Cina Open, dan All England super series.

Kabid. Turnamen dan perwasitan PB PBSI Mimi Irawan menuturkan, dengan naiknya peringkat turnamen Indonesia super series maka bukan hanya hadiahnya yang akan naik, tapi juga kualitas penyelenggaraannya. “Pada tahun pertama hadiah yang akan diberikan yakni 600.000 dollar US, lalu kemudian bertambah menjadi 650.000 dolar US di tahun kedua, dan 700.000 dolar US di tahun ketiga. Sementara untuk kualitas penyelenggaraan, super series Premier harus ada sisi intertainmentnya. Ini sesuai dengan syarat BWF, nantinya mereka yang akan menentukan formatnya seperti apa,” ujarnya.

Menurut Mimi, pengajuan Indonesia super series ini dilakukan karena melihat besarnya potensi industri olah raga bulutangkis di Indonesia. “Kami melihat bahwa seorang atlet bulutangkis juga harus dihargai seperti Grand Slam di tenis. Kami ingin apa yang telah dilatih selama bertahun-tahun oleh para pemain ada feedbacknya yang memiliki nilai yang tinggi, tidak hanya capek bertanding di lapangan saja,” ungkapnya.

Pelaksanaan Indonesia Super Series Premier, ujar Mimi, masih berpatokan pada Juni 2011. Namun pihak PBSI selaku pelaksana mengaku masih menunggu kepastian pelaksanaan SEA Games 2011 di Indonesia. Pasalnya, menurut Mimi, pihaknya tidak mau kehilangan pemain. “Salah satu syarat pelaksanaan super series Premier ini adalah diikuti oleh 10 pemain top rangking Asia. Jika pelaksanaan SEA Games berdekatan, pasti Malaysia akan lebih memfokuskan diri untuk tampil di SEA Games,” imbuhnya.

Menurut Mimi, jika SEA Games digelar pada November, maka pelaksanaan Indonesia Super Series Premier tetap akan digelar Juni. “Kami harus cari waktu yang tepat, karena selain terbentuk dengan pelaksanaan SEA Games, juga karena mepet dengan bulan puasa,” katanya.

BWF memperkenalkan format turnamen super series pada 2007, dengan 12 super series dalam setahun. Tiap tahun BWF melakukan evaluasi pelaksanaan turnamen super series ini dan Indonesia dianggap memiliki potensi terbesar kedua setelah Korea. Pada musim ini, BWF mengapus pelaksanaan Swiss super series dan menggantinya dengan India super series.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: