Kuota Atlet Dibatasi 13 Orang

SEMARANG, KOMPAS.com — Pengurus Provinsi Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Jawa Tengah mendapat kuota atlet yang diterjunkan pada Pekan Olahraga Nasional Ke-18 di Riau 2012 sebanyak 13 orang.

Ketua Umum Pengprov PBSI Jawa Tengah HM Anwari ketika dihubungi dari Semarang, Jumat (4/6/2010), mengatakan, kuota atlet sebanyak itu bukan hanya untuk Jateng, tetapi juga DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Barat, dan peserta lain yang harus melalui babak kualifikasi. “Jumlah tersebut terdiri atas delapan atlet putra dan lima atlet putri. Kuota ini sama dengan PON-PON sebelumnya,” katanya menegaskan.

Anwari yang juga Ketua Subbidang Pengembangan Daerah PB PBSI mengatakan, sebenarnya induk organisasi olahraga bulu tangkis di Tanah Air ini mengusulkan ada tambahan tiga atlet sehingga menjadi 16 atlet (delapan putra dan delapan putri).

Usulan ini, kata dia, mengacu kuota yang diberikan kepada negara-negara peserta saat tampil pada SEA Games atau Asian Games mengingat PON sama dengan kedua event tersebut, yaitu pesta olahraga multievent yang memainkan nomor beregu, baik putra maupun putri.

Sementara olimpiade yang memainkan cabang bulu tangkis sejak Olimpiade 1992 di Barcelona, Spanyol, sampai kini masih memainkan kelompok perorangan, yaitu tunggal putra-putri, ganda putra-putri, dan ganda campuran.

Tetapi, kata Anwari, tampaknya usulan untuk menambah atlet tidak mendapat respons dari KONI Pusat maupun PB PON. Hal itu mengingat kalau setiap peserta ditambah tiga atlet, jumlah kuota atlet untuk cabang bulu tangkis menjadi 160 atlet karena cabang ini hanya diikuti 10 provinsi.

Dari 10 provinsi tersebut, kata dia, empat provinsi sudah pasti lolos tanpa harus melalui babak kualifikasi, yaitu Jawa Tengah, DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Timur, ditambah tuan rumah Riau.

Kemudian, lanjut Anwari, lima provinsi lagi diambil dari mereka yang lolos dari babak kualifikasi atau mereka harus berjuang melalui babak kualifikasi, termasuk DI Yogyakarta, Bali, dan Banten.

Untuk persiapan tampil pada PON di Riau mendatang, kata dia, sembilan pebulu tangkis dimasukkan dalam program Pusat Pembinaan Olahraga Prestasi (PPOP) Jawa Tengah.  “Kami baru mendapat jatah sembilan pebulu tangkis dan seorang pelatih dari KONI Provinsi Jawa Tengah sehingga kami masih ada empat jatah lagi,” ujar Anwari.

Kesembilan pebulu tangkis yang masuk PPOP Jateng di antaranya adalah Maria Febe Kusumastyuti, M Akhsan, Tantowi Ahmad, Nugroho Andi Saputra, Dionysius Hayom Rumbaka (pelatnas), Feby Angguni, Debby Susanto (pelatnas), Anisa Wahyuni, dengan pelatih Christian Hadinata.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: