Tangkas Alfamart Junior Challenge OBC 2010 Berhadiah Total USD 30.000 Dimulai Hari Ini

Bulutangkis.com – Kembali tahun ini untuk yang ketiga kalinya PB Tangkas Alfamart menyelenggarakan kejuaraan bulutangkis kelompok junior (Under 19) yang mulai digelar pagi ini (Senin, 07/06/10) hingga Sabtu, tanggal 12 Juni 2010 di Tennis Indoor Stadion Senayan, Jakarta. Kejuaraan bulutangkis yang bertitle ‘Tangkas Alfamart Junior Challenge Open Badminton Championships 2010’ ini akan diikuti 446 peserta.

Selain pebulutangkis-pebulutangkis Indonesia kejuaraan ini juga dimeriahkan dengan kehadiran pebulutangkis dari 12 negara lain yaitu Belanda, Malaysia, India, Afrika Selatan, Jepang, Hongkong, China Taipei, Thailand, Singapura, Amerika Serikat, Sri Lanka. Walau telah diundang lebih awal China dan Korea Selatan merupakan negara terkuat dunia tidak mengirimkan atlit-atlitnya, ‘’China berhalangan hadir karena saat ini sedang berlangsung kejuaraan liga di China. Korea Selatan tidak siap. Begitu juga dengan Denmark dan Inggris, kita sudah undang jauh-jauh hari tapi mereka tidak bisa berpartisipsi,” demikian penjelasan Juniarto Suhandinata, Ketua Panitia di Jakarta kemarin malam (Minggu, 06/06/10).

Kejuaraan bulutangkis yang masuk dalam kalender resmi Badminton World Federation (BWF) ini khusus untuk kelompok junior dengan mempertandingkan lima nomor pertandingan yaitu tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri dan ganda campuran dengan memperebutkan total hadiah sebesar USD 30.000.

‘’Ada peningkatan hadiah sebesar USD 15.000 dari tahun lalu. Alfamart sebagai pendukung kejuaraan ini meningkatkan total hadiah untuk mendorong olah raga bulutangkis semakin diminati khususnya di kelompok junior,’’ papar Choirullah, Corporate Communication Manager Alfamart.

‘’Tahun depan kami juga akan mengusulkan ke BWF menaikkan klas kejuaraan ini menjadi Grand Prix dan total hadiahnya akan bertambah menjadi USD 50.000,’’ Juniarto menambahkan.

Justian mengakui bahwa jumlah peserta tahun ini mengalami penurunan dari tahun lalu yang mencapai 460 peserta karena jadwal yang tidak tepat karena banyak atlit-atlit bulutangkis yang masih menjalani ujian di sekolah. “Namun ini tidak mengurangi mutu pertandingan,’’ tambah Juniarto.

Dalam penyusunan peringkat pemain panitia sedikit menemui kesulitan khususnya untuk mengetahui kemampuan atlit-atlit asing. Hal ini dibenarkan Juniarto,’’Kita mendapat kesulitan dalam menentukan level pemain junior karena hingga saat ini belum adar peringkat internasional pemaina junior. PBSI sebenarnya sudah mengusulkan ke BWF untuk membuat peringkat pemain junior, dan ini usulan ini sudah diterima sebenarnya namun belum dijalankan.’’ (fk)

Catatan Final Tahun 2009
Tunggal putra:
– Riyanto Subagja (Djarum) vs Sai Praneet Bhamidipati (IND) 21-17, 21-11.
Tunggal putri :
– Sonia Su Ya Cheah (MAL) vs Rusydina Antardayu R. (Tangkas) 21-17, 21-11
Ganda Putra :
– Budi Hartono/ Ricky Karanda Suwardi (Mutiara) VS Jones Rafly Jansen/ Dandi Prabudita (Djarum) 21-15, 21-17
Ganda Putri :
– Della Destiara Haris/ Gebby Ristyani Imawan (Pelatnas Pratama) vs Dian Fitriani/ Eri Oktaviani (Jaya Raya) 21-14, 26-24
Ganda Campuran :
– Didit Juang Indriatno/ Yayu Rahayu (Djarum) vs Jones Rafly Jansen/ Nurbeta Kwanrico (Djarum) 21-16, 21-14.

Catatan Final Tahun Tahun 2008
Tunggal putra:
– Wong Win Ki (HKG) vs Ary Trisnanto (Tangkas) 21-15, 18-21, 23-21.
Tunggal putri :
– Chan Tsz Ka (HKG) vs Eriko Tomoki (JPN) 21-12, 21-14
Ganda Putra :
-Budi Hartono/ M Rizky Dela Nugraha (Pelatnas Pratama) vs Ricky Karanda/ Sandy Dharma Kusumah (Mutiara) 21-10, 22-24, 21-14
Ganda Putri :
– Della Destiara Haris/ Claudia Ayu (Jaya Raya) vs Dian Permata Sari/ Weni Anggraini (CBN Batam) 22-20, 21-18
Ganda Campuran :
– Ricky Karanda/ Della Destiara Haris (Mutiara/Jaya Raya) vs Wahyu N/ Elsa Nur (Ratih) 21-17, 21-15.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: