Ada Hayom dan Febe, Jateng Target 2 Emas

SEMARANG, Kompas.com – Tim bulu tangkis Jawa Tengah menargetkan meraih dua medali emas pada Pekan Olahraga Nasional XVIII/2012 di Riau. Ketua Umum Pengprov PBSI Jawa Tengah, HM Anwari, mengatakan, dua emas tersebut diharapkan dari nomor tunggal putri dan putra.

“Kami harapkan Maria Febe Kusumastuti dan Dionysius Hayom Rumbaka bisa bermain baik dan menghasilkan emas bagi Jawa Tengah karena saat ini merekalah yang terbaik, menyusul adanya pembatasan usia maksimal 25 tahun bagi atlet yang tampil pada PON mendatang,” katanya, Rabu (9/6/10).

Menurut dia, untuk tunggal putri, Maria Febe yang menjadi tunggal pertama pada perebutan Piala Uber di Malaysia beberapa waktu lalu bakal mendapat pesaing pebulu tangkis Jawa Timur, Aprilia Yuswandari.

“Saya merasa optimistis Febe bisa mengalahkan dia (Aprilia Yuswandari), mengingat pebulu tangkis pelatnas seperti Firdasari dan Maria Kristin tidak bisa membela daerahnya karena usianya pada PON di Riau mendatang sudah lebih dari 25 tahun,” katanya.

Kemudian untuk tunggal putra, kata dia, Hayom bakal mendapat tantangan dari pebulu tangkis DKI Jakarta, Tommy Sugiarto, yang saat ini mundur dari pelatnas bulu tangkis di Cipayung, Jakarta.

“Meskipun anak juara dunia bulu tangkis 1983, Icuk Sugiarto, sudah tidak di pelatnas, yang bersangkutan masih tetap berlatih,” katanya menegaskan.

Ia mengatakan, peluang Hayom cukup besar mengingat pebulu tangkis nasional seperti Simon Santoso, Taufik Hidayat, dan Sonny Dwi Kuncoro juga tidak bisa membela daerahnya karena faktor usia yang sudah lebih dari 25 tahun.

Ia mengatakan, sebenarnya Jawa Tengah juga berpeluang merebut medali emas pada nomor beregu putri karena memiliki pebulu tangkis yang berkualitas yaitu Maria Febe dan Febby Angguni.

Ia menjelaskan, untuk nomor beregu putri, akan memainkan dua nomor tunggal dan satu ganda, sehingga dengan andalan dua tunggal putri tersebut tampaknya Jawa Tengah berpeluang untuk manyabet medali emas.

Kalau untuk beregu putra yang memainkan nomor tiga tunggal dan dua ganda, kata dia, persaingannya cukup ketat terutama dari DKI Jakarta, Jawa Timur, dan Jawa Barat.

“Mudah-mudah kami bisa mengamankan dua medali emas sehingga tradisi medali emas cabang bulu tangkis tetap terjaga,” katanya menegaskan.

Pada pesta olahraga multievent empat tahunan XVII di Kalimantan Timur 2008, tim bulu tangkis berhasil menyumbangkan satu medali emas untuk Jawa Tengah melalui nomor beregu putra.

“Saat itu belum ada pembatasan usia sehingga pebulu tangkis nasional seperti Taufik, Sonny, dan Simon bisa tampil membela daerahnya masing-masing,” katanya.

Pada PON XVIII di Riau mendatang akan memperebutkan tujuh medali emas dari nomor tunggal putra-putri, ganda putra-putri, dan ganda campuran untuk nomor perorangan, kemudian nomor beregu putra dan putri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: