Tommy Sugiarto Keluar dari Pelatnas

Tommy Sugiarto

JAKARTA, Kompas.com – Pebulu tangkis tunggal putra Tommy Sugiarto memutuskan keluar dari pemusatan latihan nasional setelah menghuni asrama di Cipayung itu sejak 2005.

“Surat pengunduran diri sudah saya ajukan. Saya ingin melanjutkan kuliah,” kata Tommy saat dihubungi di Jakarta, Selasa (8/6/10).

Tommy, yang saat ini berperingkat 123 dunia mengatakan, ia memutuskan keluar dari pelatnas agar dapat melanjutkan sekolah sekaligus tetap bermain bulu tangkis jika ada kesempatan.

“Ini demi masa depan, daripada di pelatnas cuma begitu-begitu saja. Di Pelatnas saya tidak bisa sambil sekolah,” jelas putra juara dunia 1983, Icuk Sugiarto, itu.

Ia menyebutkan, banyak faktor yang membuatnya memutuskan ke luar dari pelatnas. Selain ingin melanjutkan sekolah, dia juga jarang ikut turnamen sehingga peringkatnya semakin merosot.

“Kalau dilihat ke belakang, dibanding tahun lalu makin sedikit turnamen yang saya ikuti,” kata Tommy yang berencana sekolah di luar Indonesia itu.

Menanggapi pengunduran diri Tommy, Sekjen PB PBSI Yacob Rusdianto mengatakan, telah menerima surat pengunduran diri tersebut namun PBSI belum menentukan sikapnya.

“Yang jelas kami akan mengakomodir usulan dari Bidang Pembinaan Prestasi dan pelatih,” kata Yacob.

“Mungkin seperti yang lainnya, di luar (Pelatnas) dia bisa lebih berkembang dan mendapat lebih banyak kesempatan,” jelas Yacob.

Menurut catatan Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF), terakhir kali Tommy mengikuti turnamen internasional adalah Kejuaraan Asia 2010 ketika ia kalah di putaran kedua oleh pemain India Kashyap Parupalli 14-21, 16-21.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: