Dionysius, Harapan Indonesia di DIOSS

Fetra Hariandja – Okezone

<!–//

Okezone.com – PENAMPILAN Dionysius Hayom Rumbaka  dalam debut pertamanya Piala Thomas di Kuala Lumpur, Malaysia, cukup menggembirakan. Dia mendapat kesempatan bermain meskipun hanya sekali. Kemenangan pun diraihnya atas pemain Australia Stuart Gomez.

Untung Hayom dapat kesempatan tampil meskipun hanya sekali, sehingga dia bisa merasakan bagaimana tampil di kejuaraan beregu itu. Penting bagi pemain muda seperti dia sehingga ke depan bila ditampilkan lagi sudah mempunyai modal bertanding.

Prestasinya cukup menggembirakan, dengan ditandai dengan beberapa gelar juara internasional tahun lalu. Umurnya belum genap 22 tahun, tetapi bila mendapatkan kesempatan banyak untuk bertanding, maka Hayom diprediksi akan menjadi salah satu bintang masa depan Indonesia.

Postur tubuhnya, yang mencapai tinggi badan 182 sentimeter, tentu menjadi salah satu modal untuk berprestasi. Pemain PB Djarum yang kini telah menghuni pelatnas ini dikenal sebagai salah satu pemain yang mempunyai smes keras dan sedikit ofensif. Pemain yang bercita-cita masuk Angkatan Udara jika tidak berkarier di bulutangkis ini juga mempunyai permainan net yang baik.

Memang, pemain berwajah ganteng ini baru membuktikan diri di turnamen menengah, seperti Banuinvest International Series, di Romania, Maret tahun lalu. Gelar juara lainnya, adalah Australia Open Grand Prix dan Indonesia Challenge. Tantangan Hayom ke depan tentu lebih berat, mengingat perjalanan kariernya masih panjang, dan persaingan sangat ketat.

Satu tantangan terdekat adalah Djarum Indonesia Open Super Series (DIOSS) yang digelar di Istora Gelora Bung Karno. Tahun lalu, pemain yang lahir 22 Oktober 1988 itu tidak mampu lolos kualifikasi. Kini, dengan bekal juara di beberapa turnamen internasional dan pengalamannya bertanding di turnamen besar lainnya, seperti All England dan Swiss Terbuka, dia berharap dapat mencapai berprestasi lebih baik lagi.

“Tentu keinginan saya juara. Tetapi itu tentu berat. Satu per satu dulu, dan lihat hasil undiannya juga. Kalau bertemu pemain unggulan tentu sulit. Namun, saat ini saya jauh lebih siap,” kata Hayom, yang mempunyai hobi sepakbola ini. Selain bermain bulutangkis, dia juga lihai bermain sepakbola dalam rilis yang diterima okezone, Jumat (18/6/2010).

Pemain yang mengidolakan Taufik Hidayat itu hanya mampu bertahan di babak pertama di All England dan babak kedua di Swiss Terbuka 2010. Saat itu, dia harus mengakui kehebatan dua pemain terbaik China Chen Jin dan Chen Long.

“Kalah dengan rubber game. Saya telah belajar banyak dari kekalahan itu,” ujar pemain yang menyukai pecel lele ini.

Jalan menjadi salah satu pemain terbaik di Indonesia cukup panjang. Dia mengenal bulutangkis saat kelas 3 SD Kanisius Wates, Kulon Progo, DI Yogyakarta. Melihat bakatnya, dia dimasukkan ke klub bulutangkis Pancing Sembada di GOR Pangukan, Sleman, DIY. Jarak sekitar 25 kilometer harus ditempuhnya dari rumahnya ke Sleman.

Namun, menginjak kelas 6 SD, dia pindah ke klub di Pikiran Rakyat di Tasikmalaya, Jawa Barat. Saat memasuki kelas 2 SMP, orang tuanya membawanya kembali ke Pancing hingga 2005. Setelah itu, dia kembali ke kampung halamannya hingga akhirnya pada 2005, dia pindah ke PB Djarum di Kudus. Di salah satu klub terbesar di Indonesia ini, pemain kelahiran 22 Oktober 1988 ini seperti menemukan apa yang dia harapkan. Pelatih hebat dan juga kesempatan bertanding di luar negeri sangat besar. Di bawah binaan mantan pemain asal China Fang Kai Xiang, dia digembleng dengan keras, sehingga lahirlah beberapa gelar juara.

Comments
One Response to “Dionysius, Harapan Indonesia di DIOSS”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: