Nova/Liliyana ke Final

JAKARTA, Kompas.com — Ganda campuran nomor satu Indonesia, Nova Widianto/Liliyana Natsir, melangkah ke final Singapura Terbuka Super Series. Pasangan pelatnas Cipayung ini lolos ke partai puncak setelah menang straight set 21-14, 24-22 atas pasangan Taiwan, Chen Hung Ling/Cheng Wen Hsing.

Di final turnamen berhadiah 200.000 dollar AS ini, Minggu (20/6/2010), Nova/Liliyana akan bertemu rival beratnya dari Denmark, Thomas Laybourn/Kamilla Rytter Juhl. Unggulan kedua tersebut lolos setelah menyingkirkan pasangan profesional Indonesia, Hendra Aprida Gunawan/Vita Marissa, dengan 21-15, 21-13.

Nova/Liliyana mengawali duel di Singapore Indoor Stadium ini dengan sangat meyakinkan. Sempat mendapat perlawanan ketat sehingga perolehan poinnya terus dipepet, unggulan utama ini mulai menjauh selepas skor 10-10. Lima poin beruntun yang diraih membuat Nova/Liliyana memimpin 17-11, sebelum menyudahi game pertama dengan 21-14.

Pada set kedua, pertarungan berlangsung sangat ketat dan menegangkan. Nova/Liliyana memimpin hingga kedudukan 5-3. Kemudian, pasangan Taiwan bisa menyusul dan terus mengendalikan jalannya pertandingan sampai unggul 13-10.

Namun, kematangan dan mental kuat dari Nova/Liliyana membuat mereka bisa keluar dari tekanan sehingga bisa mengunci pasangan Taiwan itu untuk menyamakan kedudukan menjadi 13-13. Namun, setelah itu Nova/Liliyana kembali tertinggal, bahkan terancam kalah karena lawan sudah meraih set point 20-18.

Lagi-lagi, kematangan menjadi kunci Nova/Liliyana dalam menghadapi situasi kritis tersebut. Mereka berhasil mengejar dan memaksa deuce, dan malah membalikkan keadaan untuk mengakhiri duel berdurasi 36 menit itu dengan kemenangan 24-22.

Di final, lawan berat telah menanti. Meskipun secara head to head Nova/Liliyana unggul 9-4 atas Thomas/Kamilla, tetapi pada dua pertemuan terakhir, pasangan Denmark ini selalu unggul, yaitu di Djarum Indonesia Open Super Series 2008 dan Kejuaraan Dunia 2009.

Comments
2 Responses to “Nova/Liliyana ke Final”
  1. hahaha….

    hebat….

    makasih banyak infonya…

    mudah’an team kita jadi juara…

    salam hangat….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: