Alamsyah Juga Lolos

Alamsyah Yunus lolos ke babak utama Indonesia Open.

JAKARTA, Kompas.com – Tunggal Putera, Alamsyah Yunus memastikan diri lolos kebabak utama setelah melewati pemain Korea Selatan, Hoong Ji Hoon 15-21 21-8 21-12 di babak final kualifikasi Djarum Indonesia Open Super Series (DIOSS) 2010 di Istora Senayan, Jakarta, Selasa (22/6/2010).

Tiket ke babak utama ini boleh dibilang menjadi keberuntungan bagi Alam. Pasalnya dia baru mengetahui kepastian namanya masuk dalam daftar pemain sehari sebelum partai kualifikasi berlangsung.

“Sebelumnya saya masih dalam waiting list. Kabar bisa bermain di kualifikasi baru diberitahu kemarin, jam 3 sore pada saat latihan. Itu juga dikarenakan salah seorang pemain Singapura ada yang mengundurkan diri,” katanya dalam jumpa pers selepas pertandingan.

Ia melanjutkan, “Padahal persiapan saya juga boleh dibilang minim karena sebelumnya ada tiga turnamen beruntun yaitu Jakarta open, SGS dan India Open Grand Prix,” paparnya.

Akan tetapi, semua kendala tersebut mampu ditepis Alam yang dengan mudah mengalahkan dua lawannya yakni Hsuan Yi Hsueh (21-8 21-15) di putaran pertama dan Hong Ji Hoon 15-21 21-8 21-12 di final kualifikasi.

Alam yang sempat tertinggal di game pertama mengaku kecolongan dalam hal tempo permainan. “Di babak pertama, reli saya memang kurang cepat, jadi dia ( Ji Hoon HONG ) mampu mengontrol penuh permainan,” katanya. “Set kedua tempo permainan saya percepat karena saya yakin kondisi fisik saya lebih baik dari Hong Ji Hong,” sebutnya.

Pemain kelahiran 7 Juli, 24 tahun silam ini mengaku salah satu faktor pendukung kemenangannya kali ini adalah gelar juara yang diraihnya di India Open Grand Prix awal Juni 2010. “Pastinya saya lebih pede karena secara fisik karena jadi lebih sering main rubber game. Dari segi penempatan bola saya juga merasa jauh lebih baik,” katanya.

Meski lolos ke babak utama tunggal putera, Alam mengaku tidak mau memasang target muluk-muluk. Menurutnya masih ada pemain berbahaya yang harus diawasi yakni unggulan keempat asal Thailand, Boonsak Ponsana. “Saat ini target saya 16 besar dulu, karena masih ada Boonsak Poonsana dan beberapa pemain lain yang hebat penampilannya,” tandas juara djarum Sirnas V Riau 2010 ini.

Leave a Reply

