Ana Rovita Cari Pengalaman ke Singapura

SEAMRANG, Kompas.com – Pebulu tangkis tunggal putri Djarum Kudus, Ana Rovita, bakal diterjunkan pada turnamen bulu tangkis Singapura Internasional Series, 20-24 Juli 2010, setelah sukses masuk babak semifinal Djarum Indonesia Super Series beberapa waktu lalu.

Ketua PB Djarum Kudus, Yopi Rosimin, ketika dihubungi dari Semarang, Senin, mengatakan, untuk menambah pengalaman dan jam terbangnya, Rovita akan lebih banyak dimainkan pada turnamen bulu tangkis internasional.

Ia mengakui prestasi yang dicapai Ana Rovita pada Indonesia Open di Jakarta beberapa waktu lalu sangat memuaskan karena yang bersangkutan harus berjuang dari babak kualifikasi, kemudian di luar dugaan bisa melangka ke babak empat besar.

Pada babak empat besar atau semifinal, Ana Rovita dikalahkan pebulu tangkis Jepang, Sayako Sato, 20-22,17-21.  “Sebenarnya dia bisa menang karena sudah memimpin perolehan angka dari lawannya, tetapi tiba-tiba dikejar pebulu tangkis tunggal putri Jepang tersebut,” katanya kepada Antara.

Pada nomor tunggal putri Djarum Indonesia Super Series tersebut, pebulu tangkis India, Saina Nehwal, pada babak final mengalahkan Sayako Sato, 21-19, 13-21, 21-11.   Bagi Saina, keberhasilan ini merupakan yang kali kedua setelah berhasil meraih gelar tunggal putri pada turnamen yang sama 2009.

Ketika ditanya hasil yang dicapai pebulu tangkis Djarum pada Indonesia Open, dia mengatakan kalau untuk Anna Rovita memang memuaskan, sedangkan pebulu tangkis lainnya terbilang biasa saja atau tidak terlalu istimewa.

Pebulu tangkis tunggal putra, Andre Kurniawan Tedjono, hanya sampai pada babak kedua. Begitu pula dengan Rosaria Yusfin Pungkasari (Pipin) yang kalah dari seniornya, Maria Kristin, dua set langsung, 11-21,14-21. Kemudian Fransiska Ratnasari juga hanya sampai pada babak kedua, sedangkan Andreas Adityawarman justru kalah pada babak kualifikasi.

Pada Djarum Indonesia Open Super Series ini, Djarum Kudus mengirimkan 10 pebulu tangkis, baik tunggal putra-putri maupun ganda putra-putri. Khusus nomor ganda putra-putri, gagal melangkah ke babak utama.

Ia menambahkan, setelah mengikuti Singapura Internasional Series ini, pebulu tangkis Djarum Kudus, seperti Ana Rovita, Febby Angguni, Rosaria Yuswin Pungkasari, dan Fransiska Ratnasari, bakal diterjunkan pada turnamen bulu tangkis Indonesia Challenge di Surabaya akhir Juli mendatang.  “Kami harus merangkak dari nol lagi untuk menelorkan pebulu tangkis yang diharapkan mampu menembus kelompok elite dunia,” katanya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: