Taufik Bangun Taufik Hidayat Arena

JAKARTA, Kompas.com – Pebulu tangkis profesional Taufik Hidayat menyatakan siap membina anak-anak usia dini yang berbakat untuk dipersiapkan menjadi atlet bulu tangkis.

“Saya akan fokus membina anak-anak usia dini untuk dipersiapkan menjadi atlet pada tujuh hingga 10 tahun mendatang,” ujar Taufik dalam acara peletakan batu pertama Taufik Hidayat Arena di Ciracas, Jakarta Timur, Rabu.

Taufik mengatakan, meskipun ia belum berniat untuk menjadi pelatih, namun ia sudah menyiapkan pelatih yang akan membina pemain muda di arena yang ia bangun.

Rencananya, kata dia, Taufik Hidayat Arena yang rencananya dibangun di atas lahan sekitar 6.600 meter persegi, tidak hanya menyediakan tempat berlatih bagi calon atlet tetapi juga bagi mereka yang hobi bermain bulu tangkis. “Ada dua kategori, pertama bagi yang punya potensi akan dipersiapkan baik-baik tanpa dikenai biaya, sedangkan bagi yang sekadar hobi akan dikenai biaya,” jelasnya kepada Antara.

“Saya akan mengutamakan yang berbakat untuk dipersiapkan menjadi pemain masa depan,” tambah Taufik yang dalam acara tersebut didampingi istrinya dan kedua orangtua serta mertuanya.

Menurut rencana, pada arena yang diperkirakan akan selesai pembangunannya pertengahan 2011 itu akan terdapat delapan lapangan bulu tangkis beserta tribun penonton, asrama atlet, pusat kebugaran, galeri, dan lapangan futsal.

Taufik yang menyebutkan tidak akan mendirikan klub, akan bekerja sama dengan klub tempatnya bernaung, SGS Electric untuk mencari bibit pemain.

Mantan pelatih Taufik yang juga mantan pemain nasional, Iie Sumirat, mengatakan siap membantu pemain asuhannya itu. “Saya sangat bangga dengan pribadi dan pilihan Taufik. Ke depan saya akan membantu di sini meskipun tidak setiap hari,” katanya. Ia juga mengatakan siap bekerjasama dalam menyiapkan bahan baku pemain yang baik.

Ketua PB PBSI Djoko Santoso dan Ketua Umum KONI dan KOI Rita Subowo yang hadir dalam acara tersebut juga menyambut baik rencana juara Olimpiade Athena tersebut membina atlet muda.”Saya berharap bukan hanya Taufik yang berbuat seperti ini tetapi atlet-atlet lain juga berbuat sesuatu demi kemajuan bulu tangkis Indonesia,” kata Djoko Santoso.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: