700 Atlet Ikut Audisi PB Djarum Kudus

KUDUS, Kompas.com – Sebanyak 700 atlet bulu tangkis dari beberapa provinsi dipastikan mengikuti audisi di PB Djarum Kudus guna menjaring calon atlet bulu tangkis yang baru untuk regenerasi.

Ketua PB Djarum Kudus Yoppy Rosimin di Kudus, Kamis (1/7/10), mengatakan dari 700 atlet yang diikutsertakan untuk mencari bibit baru atlet bulu tangkis tersebut, 60 persennya atlet pria, sisanya 40 persen atlet wanita.

“Pendaftar berasal dari sejumlah daerah di Tanah Air, seperti Kudus, Solo, Semarang, dan sekitarnya, serta dari Sulawesi, Sumatera, dan Kalimantan,” ujarnya.

Dalam menentukan calon atlet, PB Djarum lebih mendasarkan pada kualitas peserta dan bukan pada kuantitas yang akan diterima.

“Rencananya, seleksi tahun ini akan digelar selama tiga hari, pada Jumat (2/7) besok hingga Minggu (4/7) mendatang,” ujarnya.

Adapun syarat yang harus dipenuhi para pendaftar yang akan mengikuti audisi atlet bulu tangkis, yakni memiliki usia minimal 12 tahun dan maksimal 15 tahun untuk putra dan putri, menyertakan akte kelahiran, STTB SD, dan foto 4×6 Cm.

Proses seleksi akan digelar di GOR Jati pada hari pertama, yakni bermain bulu tangkis selama 10-15 menit, untuk mengetahui teknik dasar bermain bulu tangkis dengan postur tubuh calon atlet tersebut.

Bila lolos tahap pertama, mereka akan maju ke tahap dua pada Sabtu (3/7), yakni bermain bulu tangkis selama 20 menit yang diselenggarakan pada hari kedua.

Tujuan tes tahap dua sama seperti dalam tahap pertama ditambah dengan pukulan-pukulan yang bisa mengontrol lawan atau bisa menyulitkan lawan.

Peserta yang lolos tahap dua akan maju ke tahap tiga yang diselenggarakan pada Sabtu (3/7) mendatang. Pada tahap tiga, pemain diwajibkan bermain bulu tangkis penuh sebanyak dua kali dengan lawan berbeda.

Tujuan pada tahap tiga sama seperti tahap pertama dan dua ditambah daya juang masing-masing peserta di lapangan, penerapan strategis bertanding, dan cara mengatasi kesulitan di lapangan.

Sedangkan pada tahap keempat, pada Minggu (4/7), semua peserta akan mengikuti tes fisik, berupa “Ladder Test” untuk menguji kelincahan dan sinkronisasi gerak, dan “Badminton Specific Test” untuk mengukur kelincahan dan kecepatan di lapangan badminton.

Peserta audisi yang dinyatakan lolos akan masuk ke tahap karantina selama sepekan. Selama masa karantina, PB Djarum akan menanggung akomodasi dan konsumsi, sedangkan peserta diwajibkan mengikuti segala tata tertib peraturan yang ditetapkan oleh PB Djarum.

Pengumuman hasil tahap karantina dikirim melalui telepon atau email atau surat paling lambat seminggu setelah selesainya tahap karantina ini. Bagi peserta yang berhasil lolos dari tahap karantina ini, akan diterima dan mendapat beasiswa dari PB Djarum.

Comments
2 Responses to “700 Atlet Ikut Audisi PB Djarum Kudus”
  1. makasih infonya…salam hangat,,,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: