Minat Masyarakat Cukup Tinggi

Bulutangkis.com – Lebih kurang 850 peserta mengikuti audisi beasiswa belutangkis yang diselenggarakan PB Djarum di GOR Bulutangkis Djarum Djati, Kudus, Jumat lalu (02/07/10). Terjadi peningkatan peserta audisi dari tahun ke tahun, dimana tahun 2009 lalu diikuti sebanyak 700 peserta dan tahun 2008 diikuti 445 peserta.

Audisi kali ini berlangsung selama tiga hari dari tanggal 2 Juli hingga 4 Juli diikuti atlit-atlit muda berusia 12 tahun hingga 15 tahun. Peserta yang datang berasal dari seluruh Indonesia. Tidak hanya dari Pulau Jawa saja tapi juga dari Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, Papua. Bahkan dari Malaysia juga ada.

‘’Ini menunjukkan minat masyarakat terhadap olah raga bulutangkis masih cukup tinggi,’’ demikian FX Supanji, Ketua Persatuan Olah Raga Djarum kepada Media dalam jumpa pers saat audisi berlangsung Jumat lalu.

Proses audisi yang berlangsung tiga hari di GOR Djarum, Kudus berlangsung tiga tahap dengan sistim gugur untuk setiap tahapan. Pada hari pertama berlangsung seleksi tahap pertama dan tahap kedua dimana peserta yang telah digolongkan berdasarkan kelompok umur diberi kesempatan bermain bulutangkis di antara sesama peserta audisi. Sebelum melakukan audisi kepada seluruh peserta, panitia memberikan pengarahan kepada peserta audisi agar bermain bagus dengan mengeluarkan kemampuan yang ada, menang kalah bukan menjadi penilaian. Pada tahap pertama dan kedua ini yang dinilai adalah teknik memukul dan footwork yang dimiliki peserta audisi.

Pada hari kedua peserta yang lolos seleksi mengikuti seleksi tahap ketiga dengan melakukan pertandingan sesungguhnya. Peserta audisi kembali bermain dua game dengan sistem rally poin, dengan lawan yang berbeda. Dan pada hari ketiga peserta yang lolos seleksi mengikuti test fisik berupa Ladder Test dan Badmiton Specific. Peserta yang lolos seleksi ini mengikuti karantina selama lima hari untuk uji forensik guna melihat kepastian umur, pertumbuhan maksimal atlit, kesiapan mental serta criteria lainnya.

‘’Audisi ini merupakan usaha PB Djarum menyaring atlit-atlit berprestasi dari seluruh Indonesia untuk dididik dan dilatih agar kelak bisa mengharumkan bulutangkis Indonesia,’’ jelas FX Supanji.

Proses audisi ini di sisi lain juga mendapat tantangan bahwa seakan-akan atlit-atlit ini kelak akan membela Pengprov Jawa Tengah, ‘’Tidak demikian,” sanggah FX Supanji. ‘’Atlit-atlit ini nantinya tetap berhak untuk bertanding membela daerah asalnya. Misalnya mengikuti PON.’’ ungkap FX Supanji.

Di sisi lain FX Supanji menjelaskan bahwa proses audisi tidak dengan sendirinya menghasilkan atlit-atlit dalam waktu singkat. Ini butuh waktu. Namun upaya mencari bibit-bibit potensial harus dibentuk sejak usia dini. Apalagi dengan stagnannya prestasi atlit-atlit Indonesia dibadingkan China, berbeda dengan kondisi saat era 80-90an, maka pemberian program beasiswa bulutangkis ini merupakan cara untuk menemukan atlit-atlit yang berprestasi.

Senada dengan FX Supanji, Fung Permadi, yang merupakan Manajer PB Djarum mengungkapkan, ‘’Program pemberian beasiswa bulutangkis melalui audisi ini merupakan salah satu langkah untuk memajukan perbulutangkisan Indonesia. Juga untuk membangkitkan semangat bulutangkis.’’

Lebih jauh Fung mengungkapkan bahwa, ‘’Dalam audisi ini tidak ada ketentuan berapa jumlah atlit yang akan diterima. Tergantung kualitas atlit-atlit peserta audisi.’’

Meningkatnya animo masyarakat dari tahun ke tahun merupakan bukti nyata bahwa bulutangkis masih merupakan olahraga yang digemari dan menjadi salah satu pilihan untuk meraih prestasi yang mengharumkan bangsa.

‘’PT Djarum tetap ingin memajukan bulutangkis Indonesia,’’ ungkap Renita Sari dari PT Djarum menjelaskan komitmen PT Djarum guna memajukan bulutangkis Indonesia.

Comments
One Response to “Minat Masyarakat Cukup Tinggi”
Trackbacks
Check out what others are saying...
  1. […] Silahkan lanjutkan membaca ke beasiswa – Penelusuran Blog Google […]



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: