Sebanyak 14 Negara Ikut Indonesia Challenge

Dionysius Hayom Rumbakajuara Indonesia Challenge tahun lalu.

SURABAYA, Kompas.com – Sedikitnya 14 negara dijadwalkan mengikuti turnamen bulu tangkis “Indocock Djarum Indonesia International Challenge 2010” di GOR Sudirman Surabaya, Jawa Timur pada 27-31 Juli.

Ketua Pelaksana Indonesia Challenge H. Abdul Chodir yang ditemui di Surabaya, Rabu, mengatakan dari ke-14 negara tersebut, dua negara yang memiliki kekuatan bulu tangkis di Asia, yakni China dan Korea Selatan kembali absen mengirimkan atletnya.

Pada penyelenggaraan turnamen serupa tahun 2009 di Jakarta, kedua negara tersebut juga absen mengirimkan atletnya. “Kami sudah mencoba menghubungi asosiasi bulu tangkis kedua negara tersebut, tapi mereka tidak memberikan konfirmasi sama sekali. Kendati tanpa pemain China dan Korsel, kualitas turnamen ini tidak berkurang,” katanya.

Ke-14 negara yang sudah memberikan konfirmasi dan mengirimkan daftar atletnya, adalah Prancis, Spanyol, Jepang, Ceko, Mesir, Belgia, Kanada, Swiss, Malaysia, Thailand, Brunei Darussalam, Sri Lanka, Singapura, dan tuan rumah Indonesia.

Malaysia menjadi peserta asing yang paling banyak mengirim atletnya, yakni hampir mencapai 50 orang, diikuti Singapura dengan sekitar 29 atlet dan Jepang menyertakan lebih dari 10 atlet. “Dari jumlah negara, memang ada sedikit penurunan dibanding tahun lalu yang mencapai 19 negara, tapi dari jumlah peserta (atlet) asing justru bertambah,” kata Chodir kepada Antara.

Tuan rumah Indonesia selain menurunkan pemain Pelatnas Pratama, juga akan diwakili seluruh klub besar, seperti Djarum Kudus, Suryanaga Surabaya, SGS Elektrik Bandung, dan Tangkas Jakarta.

Chodir memastikan persaingan merebut juara pada turnamen berhadiah total 15 ribu dolar AS ini juga lebih ketat dibanding tahun lalu.

Pada Indonesia Challenge 2009, dua pemain PB Djarum Kudus, yakni Fransiska Ratnasari dan Dionysius Hayom Rumbaka, masing-masing tampil sebagai juara tunggal putri dan putra.

Fransiska yang saat itu masih menghuni Pelatnas, meraih gelar juara setelah mengalahkan rekan satu klubnya Maria Elfira Christina 21-12, 21-9. Sementara Dionysius Hayom Rumbaka yang kini telah bergabung di Pelatnas Cipayung, merebut gelar setelah lawannya Adnan Fauzi (Suryanaga) mundur pada set kedua karena sakit.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: