Hendra AG/Alvent Susul Kido/Hendra

JAKARTA, Kompas.com – Ganda putra Indonesia Alvent Yulianto Chandra/Hendra Aprida Gunawan, maju ke semifinal Macau Terbuka Grand Prix Gold. Jumat (30/7/10), mantan pemain Pelatnas Cipayung yang menjadi unggulan ketiga ini menang straight set 21-15, 21-14 atas pemain Thailand Patipat Chalardchaleam/Thitipong Lapho, dalam waktu 20 menit.

Dengan demikian, di sektor ganda putra Indonesia memiliki dua wakil yang lolos ke babak empat besar turnamen berhadiah 120.000 dollar AS ini. Sebelumnya, unggulan kedua Markis Kido/Hendra Setiawan, yang lebih dulu meraih tiket tersebut.

Di semifinal, Sabtu (31/7/10), Alvent/Hendra AG akan menghadapi Cho Gun/Kwon Yi Goo. Pasangan Korea Selatan ini melangkah ke babak empat besar setelah menang 21-14, 21-15 atas pasangan kualifikasi dari Taiwan, Jen Cheng Chung/Jui Lin Yen. Sedangkan Kido/Hendra bertemu pemenang antara Ko Sung Hyun/Yoo Yeon Seong (Korsel) dan Hiroyuki Endo/Kenichi Hayakawa (Jepang).

Berdasarkan faktor unggulan dan reputasi, dua wakil Indonesia yang kini sudah keluar dari Pelatnas Cipayung tersebut, berpeluang besar untuk menang di semifinal nanti. Jika hal itu terwujud (menang), maka bisa dipastikan terjadi all-Indonesian final dan gelar ganda akan dibawa pulang ke Tanah Air.

Simon bertemu Chong Wei

Dari sektor tunggal putra, Simon Santoso akan bertemu dengan unggulan pertama dari Malaysia, Lee Chong Wei, untuk perebutkan tiket ke final. Kepastian ini diperoleh setelah Chong Wei, pemain nomor satu dunia, menang straight set 21-16, 21-12 atas unggulan 15 dari Korsel Shon Wan Ho. Sedangkan Simon maju ke babak empat besar setelah menang telak 21-6, 21-5 atas pemain Hongkong Wong Wing Ki.

Ini akan jadi pertemuan ketujuh bagi kedua pemain. Kedudukan sementara dari enam laga sebelumnya, Chong Wei unggul 5-1. Akan tetapi, Simon berpeluang mengulangi kesuksesannya di Jepang Terbuka Super Series 2009, ketika dalam pertemuan terakhir itu dia menang 19-21, 21-15, 21-19. Pada lima pertemuan pertama (Indonesia Terbuka Super Series 2007, Perancis Terbuka Super Series 2007, Malaysia Terbuka Super Series 2008, Singapura Terbuka Super Series 2008, Malaysia Terbuka Super Series 2009), Chong Wei selalu menang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: