Membalas, Firdasari Lolos ke Semifinal

Adriyanti Firdasari

JAKARTA, KOMPAS.com — Indonesia sudah meloloskan empat wakil menuju semifinal Macau Terbuka Grand Prix Gold. Tunggal putri Adriyanti Firdasari melengkapi jumlah tersebut setelah menang straight set, 21-17, 21-15, atas unggulan ketiga dari Jepang, Eriko Hirose, Jumat (30/7/2010).

Hasil pada pertemuan kedua ini membuat Firda berhasil membalas kekalahannya dari pemain tersebut pada China Terbuka Super Series 2009 ketika Hirose menang dua set langsung, 21-17, 21-14. Selain itu, satu-satunya pemain putri Indonesia di turnamen tersebut pun semakin dekat dengan harapannya untuk menjadi juara. Pada semifinal besok, Firda akan menghadapi pemain Taiwan, Cheng Shao Chieh, yang menang 17-21, 21-11, 23-21 atas pemain Thailand, Porntip Buranaprasertsuk.

Sebelum Firda bertanding, sudah ada tiga wakil dari Tanah Air yang menyegel tiket semfinal. Ganda campuran yang merupakan unggulan pertama, Hendra Aprida Gunawan/Vita Marissa, yang lebih dulu meraihnya setelah menaklukkan yunior mereka dari pelatnas Cipayung, Muhammad Rijal/Debby Susanto. Setelah itu, ganda putra Markis Kido/Hendra Setiawan lolos, disusul tunggal putra, Simon Santoso.

Duel melawan Hirose yang berlangsung selama 34 menit ini berlangsung ketat, terutama pada set pertama. Firda hampir selalu tertinggal dalam pengumpulan poin pada awal pertandingan. Namun, setelah meraih dua poin untuk menyamakan kedudukan menjadi 11-11, Firda mulai membalikkan situasi. Meskipun Hirose terus menempel, Firda akhirnya menjauh selepas kedudukan 14-14 karena dia terus memimpin sampai menang 21-17.

Pada game kedua, Firda mulai mendominasi. Sempat terjadi kejar-mengejar poin hingga kedudukan 5-5. Firda mulai menjauh hingga memimpin 8-5. Hirose kemudian mampu menyusul dan menyamakan skor pada kedudukan 9-9. Namun setelah itu, Firda kembali melejit berkat raihan lima poin secara beruntun untuk memimpin 16-11 hingga meraih kemenangan 21-15.

Indonesia masih menyisakan lima wakil yang akan bermain di babak delapan besar ini. Di nomor tunggal putra, ada unggulan ketiga Sony Dwi Kuncoro yang akan ditantang unggulan lima dari Thailand, Boonsak Ponsana, serta dua ganda campuran, Fran Kurniawan Teng/Pia Zebadiah Bernadet, dan unggulan keenam, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir. Selain itu, ada unggulan ketiga ganda putra, Alvent Yulianto Chandra/Hendra AG, dan ganda putri yang menjadi unggulan kelima, Meiliana Jauhari/Greysia Polii.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: