Simon Menang Telak dan ke Semifinal

JAKARTA, Kompas.com – Simon Santoso hanya memerlukan waktu 23 menit untuk meraih tiket semifinal Macau Terbuka Grand Prix Gold. Unggulan keempat ini menang telak 21-6, 21-5 atas pemain Hongkong Wong Wing Ki, pada pertarungan babak perempat final turnamen berhadiah 120.000 dollar AS tersebut, Jumat (30/7/10).

Hasil ini membuat Simon tinggal selangkah lagi maju ke final. Akan tetapi, pemain Pelatnas Cipayung ini bakal menghadapi lawan terberat pada semifinal besok, karena kemungkinan besar dia melawan unggulan utama asal Malaysia, yang juga pemain nomor satu dunia, Lee Chong Wei. Chong Wei diprediksi bakal melewati adangan unggulan 15 dari Korea Selatan Shon Wan Ho.

Dengan demikian, Indonesia telah meloloskan tiga wakil ke semifinal. Sebelumnya, dua pasang pemain non-pelatnas, yaitu ganda campuran Hendra Aprida Gunawan/Vita Marissa, serta ganda putra Markis Kido/Hendra Setiawan, telah meraih tiket babak empat besar.

Sepanjang pertarungan dua set, Simon benar-benar mendikte lawan, yang memang reputasinya jauh di bawahnya. Di set pertama, Simon langsung melejit 6-1, sebelum melaju lagi untuk memimpin 13-3. Keunggulan telak ini membuat Simon bermain sangat rileks dan tak kesulitan menang 21-6.

Di set kedua, Simon membukanya dengan meraih sembilan poin beruntun sehingga memimpin 9-0. Sempat tertahan satu poin, Simon kembali mendulang tiga angka untuk unggul 12-1, sebelum menyudahinya dengan 21-15.

, masih sangat mulus. Ganda putra terbaik Indonesia ini kembali meraih kemenangan straight set saat melibas pasangan Jepang Yoshiteru Hirobe/Kenta Kazuno dengan skor 21-11, 21-16 dalam waktu 22 menit, Jumat (30/7/10), di perempat final turnamen berhadiah 120.000 dollar AS ini.

Dengan demikian, Kido/Hendra selangkah lebih dekat menuju tangga juara. Tetapi, di semifinal besok, pasangan peraih medali emas Olimpiade Beijing 2008 ini harus bisa lebih dulu menaklukkan pemenang antara pasangan Korea Selatan Ko Sung Hyun/Yoo Yeon Seong dengan pemain Jepang Hiroyuki Endo/Kenichi Hayakawa.

Kido/Hendra menunjukkan dominasinya dalam laga ini. Di set pertama, unggulan kedua tersebut tak tersentuh oleh lawan karena sejak unggul 4-0 di awal pertandingan, mereka terus menjauh hingga 16-6. Meskipun sempat tertahan dan lawan menambah tiga poin, Kido/Hendra bisa melaju lagi untuk menang 21-11.

Di set kedua, Hirobe/Kazuno memberikan perlawanan yang lebih gigih. Sempat tertinggal 3-7, pasangan Jepang tersebut bisa menahan dan mengejar perolehan poin Kido/Hendra, untuk mengubah skor menjadi 7-7. Tetapi setelah itu, Kido/Hendra kembali menjauh dan tak terkejar lagi sampai menang 21-16.

Untuk sektor tunggal putra, Indonesia memiliki dua wakil. Selain Simon, masih ada Sony Dwi Kuncuro. Unggulan ketiga ini akan menghadapi pemain Thailand yang merupakan unggulan kelima, Boonsak Ponsana.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: