Sony Ikut Jejak Simon ke Perempat Final

Sony Dwi Kuncoro

JAKARTA, KOMPAS.com — Sony Dwi Kuncoro mengikuti jejak Simon Santoso, yang melangkah ke perempat final turnamen bulu tangkis Macau Terbuka Grand Prix Gold. Pada perebutan tiket babak delapan besar ini, Kamis (29/7/2010), Sony menang 18-21, 21-12, 21-14 atas pemain China, Chen Yuekun, dalam duel berdurasi 58 menit.

Selanjutnya, Jumat besok, Sony yang merupakan unggulan ketiga ini akan bertemu dengan Boonsak Ponsana. Pemain Thailand yang ditempatkan sebagai unggulan lima tersebut menang 21-16, 11-21, 21-17 atas pemain Jepang unggulan ke-16, Kazushi Yamada. Mereka akan memperebutkan tiket menuju semifinal turnamen berhadiah 120.000 dollar AS ini.

Sony mengawali pertandingan dengan performa yang tidak terlalu meyakinkan karena lawan bisa mendikte permainannya. Pada set pertama, Chen terus memimpin jalannya pertandingan sampai menang 21-18. Sony hanya bisa menyamakan kedudukan pada skor 5-5 dan 7-7.

Namun pada set kedua, Sony mengambil alih kendali permainan. Secara agresif, mantan juara Indonesia Terbuka Super Series ini menunjukkan hasil yang sangat memuaskan karena, selepas kedudukan 1-1, dia tak terbendung lagi sampai menang 21-12, dan memaksa rubber game.

Pada set penentuan, Sony mempertahankan momentumnya untuk meraih tiket perempat final. Sempat tertinggal 1-3, Sony mampu mengejar dan mengunci lawannya pada angka 4 sampai unggul 7-4. Setelah itu, Sony terus melejit sampai menang 21-14.

Empat ganda campuran ke perempat final

Dari sektor ganda campuran, Indonesia masih meraih hasil sempurna. Empat wakil Tanah Air yang ambil bagian terus memelihara peluangnya untuk melangkah ke partai puncak setelah meraih kemenangan atas lawan-lawannya.

Setelah unggulan utama, Hendra Aprida Gunawan/Vita Marissa, dan pasangan pelatnas Cipayung, Muhammad Rijal/Debby Susanto, menyegel tempat pada babak delapan besar, kini giliran dua pasangan pelatnas, Fran Kurniawan Teng/Pia Zebadiah Bernadet dan unggulan keenam Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir memberikan hasil. Fran/Pia menang straight set, 21-11, 21-18, atas unggulan ketujuh dari Korea Selatan, Baek Cheol Shin/Hyun Young Yoo, dan Tontowi/Liliyana menaklukkan pasangan Taiwan, Chen Hung Ling/Cheng Wen Hsing, 19-21, 21-14, 21-12.

Pada perempat final besok, Fran/Pia kembali menghadapi lawan berat karena mereka akan bertemu unggulan ketiga dari Thailand, Songphon Anugritawayon/Kunchala Voravichitchaikul. Sementara itu, Tontowi/Liliyana ditantang pasangan kualifikasi dari Korea Selatan, Yo Goo Kwon/Ye Ja Jang. Jika kembali meraih kemenangan, maka dua pasangan pelatnas ini akan bertemu pada semifinal.

Pada partai perempat final lainnya, Hendra AG/Vita dan Rijal/Debby sudah harus saling bertarung. Meskipun satu pasangan pasti tersingkir, Indonesia telah memastikan satu tiket menuju babak empat besar.

Kesuksesan juga ditoreh ganda putri pelatnas, Meiliana Jauhari/Greysia Polii. Pasangan unggulan kelima ini menang dua set langsung, 21-17, 21-19, atas pasangan gado-gado Indonesia/Thailand, yaitu Vita Marissa/Saralee Thoungthongkam.

Pada perempat final, Meiliana/Greysia akan menghadapi pemain Malaysia, Chin Eei Hui/Wong Pei Tty. Unggulan kedua ini lolos setelah menyingkirkan pasangan Indonesia, Anneke Feinya Agustine/Annisa Wahyuni.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: