Alamsyah Lolos, Ganda Campuran Sempurna

Alamsyah Yunus .

JAKARTA, KOMPAS.com — Pasangan pelatnas Cipayung, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir dan Muhammad Rijal/Debby Susanto, mengikuti jejak dua rekannya, Hendra Aprida Gunawan/Vita Marissa dan Fran Kurniawan Teng/Pia Zebadiah Bernadet, ke putaran kedua Taiwan Terbuka Grand Prix Gold. Kesuksesan ini membuat semua pemain ganda campuran Indonesia belum teradang.

Tontowi/Liliyana, yang pekan lalu menjuarai Macau Terbuka Grand Prix, tak menemui kesulitan untuk mengalahkan Lu Chia Pin/Hung Shih Han. Dalam pertarungan berdurasi 17 menit, Rabu (4/8/2010), unggulan kelima ini menang dua set langsung, 21-10, 21-11.

Pada putaran kedua, Kamis (5/8/2010), Tontowi/Liliyana bertemu lawan yang cukup ringan asal Taiwan. Pasalnya, mereka akan menghadapi pemain kualifikasi yang lolos tanpa bertanding, Tseng Min Hao/Lai Chia Wen.

Perjalanan berat harus dilalui Rijal/Debby, yang menghadapi pasangan Malaysia, Lim Khim Wah/Lim Yin Loo. Mereka dipaksa bermain tiga set selama 45 menit sebelum menang, 17-21, 21-19, 21-19. Selanjutnya, Rijal/Debby akan bertemu unggulan kedua dari Korea Selatan, Lee Yong Dae/Lee Hyo Jung, yang menang, 21-15, 21-19, atas pasangan Thailand, Thitipong Lapho/Vacharaporn Munkit.

Jika Tontowi/Liliyana berhasil melewati adangan pemain tuan rumah, maka pada perempat final hari Jumat (6/8/2010), mereka akan bertemu pemenang Rijal/Debby vs Lee Yong Dae/Lee Hyo Jung.

Alamsyah pun lolos

Dari sektor tunggal putra, mantan pemain pelatnas, Alamsyah Yunus, mampu melewati adangan pertama. Melawan pemain tuan rumah Lin Chia Hsuan, Alamsyah menang dua set langsung, 21-10, 21-11.

Pada babak kedua, Alamsyah yang pekan lalu menjuarai turnamen Sunkist Indonesia International Challenge Indocock—di final kalahkan Andre Kurniawan Tedjono—kembali menghadapi pemain Taiwan. Kali ini dia ditantang Yu-Hsing Hsieh, yang menyingkirkan pemain Malaysia, Zainuddin Iskandar Zulkarnain, dengan 21-15, 21-18.

Alamsyah berada satu jalur dengan unggulan utama asal Vietnam, Nguyen Tien Minh. Jika pada babak kedua besok Alamsyah menang, maka pada babak ketiga dia hampir pasti menghadapi Nguyen, yang akan dapat tantangan dari pemain tuan rumah, Chi Hung Ming, untuk memperebutkan tiket perempat final.

Selain Alamsyah, Indonesia juga sudah pasti memiliki wakil yang tampil di babak kedua, yaitu Simon Santoso. Unggulan ketiga ini mendapat bye, dan dia akan bertemu pemain Jepang, Hayasaki Shuhei, untuk memperebutkan tiket babak ketiga.

Di sektor tunggal putra, Indonesia masih memiliki Andre Kurniawan Tedjono dan Dionysius Hayom Rumbaka, yang baru akan bertanding. Hayom ditantang pemain Thailand, Suppanyu Avihingsanon, dan Andre bertemu unggulan delapan dari Hongkong, Chan Yan Kit. Sementara itu, unggulan kedua, Sony Dwi Kuncoro, mendapat bye sehingga langsung maju ke babak kedua.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: