Macau Sudah, Selanjutnya Taiwan

JAKARTA, Kompas.com – Ganda campuran Pelatnas Cipayung, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, baru saja menuai hasil positif di Macau Terbuka Grand Prix Gold akhir pekan lalu. Dalam laga perdana mereka sebagai pasangan baru, Tontowi/Liliyana langsung menyabet gelar di turnamen berhadiah 120.000 dollar AS tersebut.

Kini, Tontowi/Liliyana menghadapi tantangan baru. Usai merajai Macau Terbuka, mereka tampil lagi di turnamen dengan level sama, yaitu Taiwan Terbuka Grand Prix Gold, yang mulai bergulir Selasa (3/8/10). Mampukah Tontowi/Liliyana mendulang gelar lagi?

Peluang Tontowi/Liliyana (dan juga pemain lain) pasti tetap ada. Tetapi, perjalanan Tontowi/Liliyana kali ini bakal lebih terjal, karena mereka dikitari oleh para pemain unggulan dengan reputasi hebat.

Di putaran pertama, Tontowi/Liliyana yang kali ini menjadi unggulan kelima, kemungkinan bisa lolos karena bertemu pemain non-unggulan dari Taiwan Lu Chia Pin/Hung Shih Han. Selanjutnya, mereka berhadapan dengan pemenang antara pemain Belanda Dave Khodabux/Samantha Barning vs pemain kualifikasi.

Nah, di perempat final nanti Tontowi/Liliyana menghadapi tantangan terberat. Pasalnya, di babak delapan besar nanti kemungkinan mereka menghadapi unggulan kedua dari Korea Selatan lee Yong Dae/Lee Hyo Jung.

Dari sektor tunggal putra, kesempatan bagi Sony Dwi Kuncoro dan Simon Santoso untuk meraih gelar cukup terbuka lebar. Pasalnya, kali ini pemain nomor satu dunia Lee Chong Wei, yang pekan lalu juara di Macau, tidak ambil bagian. Selain itu, para pemain top China dan Eropa juga absen. Artinya, peluang para pemain Indonesia, termasuk Dionysius Hayom Rumbaka, Andre Kurniawan Tedjono dan Alamsyah Yunus, sangat terbuka lebar.

Jika tak ada kejutan, Simon, yang menjadi unggulan ketiga, bakal bertemu unggulan utama dari Vietnam, Nguyen Tien Minh, di semifinal. Sedangkan di jalur bawah, Sony yang merupakan unggulan kedua, bisa bertemu lagi dengan unggulan keempat dari Thailand, Boonsak Ponsana, di semifinal–bila terwujud, maka ini akan jadi partai ulangan perempat final Macau Terbuka di mana Boonsak jadi pemenang.

Di sektor tunggal putri, Indonesia tak menurunkan para pemain terbaiknya. Adriyanti Firdasari, yang menjadi runner-up di Macau, tidak ambil bagian, begitu juga dengan Maria Febe Kusumastuti dan Maria Kristin Yulianti. Indonesia hanya mengharapkan kejutan dari Linda Wenifanetri yang langsung bertemu unggulan utama Yao Jie, dan Aprilia Yuswandari, yang menghadapi pemain Taiwan Chen Hsiao Huan.

Dari nomor ganda putra, Indonesia hanya memiliki dua wakil non-pelatnas. Bakal tampil pemain veteran Luluk Hadiyanto/Candra Wijaya, serta Alvent Yulianto Chandra/Hendra Aprida Gunawan. Ini bakal menjadi ajang “pelampiasan” Alvent/Hendra AG, setelah pekan lalu gagal di final Macau Terbuka. Alvent/Hendra AG menjadi unggulan kedua, dan di partai perdana mereka bertemu pemain Jepang Yoshiteru Hirobe/Kenta Kazuno.

Perjalanan sulit bakal dilakoni Luluk/Candra. Di laga perdana mereka bertemu pasangan Thailand Songphon Anugritayawon/Sudket Prapakamol. Jika terus melangkah, maka tantangan terberat akan mengadang mantan pemain pelatnas ini di perempat final karena kemungkinan besar menghadapi pasangan unggulan utama dari Malaysia, Koo Kien Keat/Tan Boon Heong.

Sementara itu di nomor ganda putri, Indonesia menurunkan empat pasangan pelatnas, yaitu Anneke Feinya Agustine/Annisa Wahyuni, Shendy Puspa Irawati/Nitya Krishinda Maheswari, Pia Zebadiah Bernadet/Debby Susanto dan Meiliana Jauhari/Greysia Polii. Pekan lalu di Macau, Meiliana/Greysia sempat menguak harapan untuk meraih gelar karena menembus final. Sayang, di partai puncak ini mereka dikalahkan pemain Taiwan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: