Susy: Pemain Muda Membutuhkan Christian

Susy Susanti

JAKARTA, Kompas.com — Mantan ratu bulu tangkis Indonesia, Susy Susanti, meminta pelatih senior Christian Hadinata untuk menangani para pemain muda di pelatnas Cipayung.

Koh Chris harus menjadikan para pemain muda tersebut menjadi pemain yang siap luar dalam.

Hal ini diungkapkan oleh Susy saat peresmian Sports Massage Fontana miliknya bersama mantan pemain lainnya, Elizabeth Latief, di Jakarta, Rabu (4/8/2010).

Menurut Susy, para pemain muda sekarang seharusnya memiliki dasar-dasar bulu tangkis yang benar sehingga dapat berkembang lebih baik. Kemampuan menanamkan hal ini, menurut Susy, dimiliki oleh Christian yang sudah berpengalaman puluhan tahun di pelatnas Cipayung.

“Para pemain muda membutuhkan panutan atau sosok figur yang mereka idealkan. Sosok Koh Chris tentunya memenuhi harapan tersebut,” kata Susy, yang pernah meraih medali emas Olimpiade Barcelona 1992 dan medali perunggu Olimpiade Atlanta 1996.

Sementara bagi Christian sendiri, hal ini akan membuat peran dan tanggung jawabnya menjadi lebih besar. “Koh Chris harus menjadikan para pemain muda tersebut menjadi pemian yang siap luar dalam,” kata Susy lagi.

Susy juga melihat bahwa PBSI harus mempertimbangkan banyak hal sebelum mendatangkan pelatih asing. “Dilihat dulu kebutuhannya, serta spesifikasi pelatih asing tersebut.  Kalau saya lebih suka memanfaatkan para mantan pemain nasional yang kini melatih di luar negeri,” kata Susy.

Di antara mantan pemain nasional yang melatih di luar negeri, antara lain Rexy Mainaky, peraih medali emas olimpiade Atlanta 1996, dan Hendrawan, juara dunia 2001. Keduanya melatih di Malaysia. Sementara mantan pelatih nasional, Atik Jauhari, menjadi pelatih di India.

Bagi Susy kemajuan para pemain ditentukan oleh dua hal. Pertama, komunikasi yang baik antara pengurus, pelatih dan pemian. Kedua, para pemain -sebaik apa pun- tetap membutuhkan sparring yang berpengalaman. “Karena itu saya mengharapkan para pemain senior seperti Kido, Nova atau yang lainnya tidak cepat-dibuang karena mereka bisa menjadi sparring buat adik-adik mereka.”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: