Tekuk Andre, Alamsyah Juara Tunggal

Alamsyah Yunus .

SURABAYA, Kompas.com – Mantan pebulu tangkis Pelatnas Cipayung, Alamsyah Yunus, meraih gelar bergengsi tunggal putra pada turnamen Sunkist Indonesia International Challenge Indocock Djarum Open 2010.

Pada pertandingan final di GOR Sudirman Surabaya, Sabtu (31/7/10) malam, Alamsyah yang menjadi unggulan kedua di turnamen berhadiah total 15.000 dollar AS ini, menang dua set langsung atas unggulan utama Andre Kurniawan Tedjono dengan skor 21-18, 21-10.

Bagi Alamsyah, gelar Indonesia Challenge merupakan prestasi kedua di ajang internasional dan gelar keenam yang direbutnya sepanjang musim 2010. Sebelumnya pada Juni lalu, Alamsyah menjuarai India Grand Prix dan empat kali menjadi jawara Sirkuit Nasional, masing-masing di Balikpapan, Riau, Jakarta, dan Bandung.

“Setelah juara di India Grand Prix, motivasi dan kepercayaan diri saya untuk berlaga di Indonesia Challenge menjadi lebih tinggi,” kata Alamsyah usai pertandingan.

Mantan pemain klub Tangkas Jakarta ini, mengaku tidak menduga bisa menang cepat atas Andre Kurniawan. Padahal, pada pertemuan sebelumnya selalu berakhir dengan tiga set.

“Hari ini saya main lebih rileks dan tidak terbebani. Selain itu, saya sudah sering bertemu dia dan sudah banyak tahu kelemahannya,” tambah Alamsyah yang berhak mengantongi hadiah sekitar Rp 10 juta atas kemenangannya.

Ia berharap kemenangan pertama di ajang Indonesia Challenge ini, bisa memacu motivasinya saat mengikuti turnamen Taiwan Terbuka pekan depan.

Pelatnas sabet tiga gelar

Sementara itu, tim Pelatnas PBSI akhirnya sukses membawa pulang tiga gelar dari turnamen tahunan ini, di mana dua di antaranya diperoleh dari final sesama pemain pelatnas, yakni di nomor ganda putra dan putri.

Di nomor ganda putra, unggulan pertama Berry Angriawan/Muhammad Ullinuha menang atas Rahmat Adianto/Andrei Adistia dengan skor 21-14, 21-15. Sedangkan di ganda putri, unggulan ketiga Suci Rizki Andini/Della Destiara Haris menundukkan rekannya yang menempati unggulan kedua Komala Dewi/Keshya Nurvita Hanadia dalam tiga set 21-18, 12-21, 21-10.

Satu gelar pelatnas lainnya didapat dari final ganda campuran melalui Hendra Mulyono/Ayu Rahmasari. Pasangan ini membekuk unggulan ketiga Tri Kusuma Wardana/Nadia Putri dengan skor 21-18, 14-21, 21-18.

Tim pelatnas sebenarnya memiliki peluang menambah satu gelar lagi, namun Bellatrix Manuputty yang berlaga di final tunggal putri, harus mengakui keunggulan Rosaria Yusfin Pungkasari 24-22, 15-21, 18-21.

Sekretaris Jenderal PB PBSI Yacob Rusdianto, mengaku puas dengan pencapaian pemain-pemain lapis kedua pelatnas di turnamen ini.

“Tiga gelar ini sudah sangat bagus dan itu menunjukkan kalau kualitas permainan anak-anak terus berkembang. Tapi, kami tetap akan melakukan evaluasi dari hasil ini,” ujarnya.

– Hasil lengkap final Indonesia Challenge 2010

Tunggal putra: Alamsyah Yunus (2) vs Andre Kurniawan Tedjono (1) 21-18, 21-10
Tunggal putri: Rosaria Yusfin Pungkasari (11) vs Bellatrix Manuputty 22-24, 21-15, 21-18
Ganda putra: Berry Angriawan/M. Ullinuha (1) vs Rahmat Adianto/Andrei Adistia 21-14, 21-15
Ganda putri: Suci Rizki Andini/Della Destiara (3) vs Komala Dewi/Keshya Nurvita (2) 21-18, 12-21, 21-10
Ganda campuran: Hendra Mulyono/Ayu Rahmasari vs Tri Kusuma Wardana/Nadia Melati (3) 21-18, 14-21, 21-18

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: