China “Hanya” Inginkan Tiga Gelar Juara

Lin Dan berpeluang rebut gelar juara keempat

BEIJING, Kompas.com – Tim bulu tangkis China mematok target meraih tiga dari lima gelar juara yang diperebutkan di kejuaraan dunia di Paris bulan ini.

Para pemain puteri masih dibayangi kekalahan di Piala Uber lalu. Sementara ganda putera terbaik, Cai Yun/Fu Haifeng tidak bermain bersama empat bulan terakhir karena mewakili klub yang berbeda di liga domestik. Jadi sulit berharap dari mereka.”

Dalam kejuaraan dunia yang berlangsung di India tahun lalu, China merebut empat gelar dan hanya gagal di nomor ganda campuran.  Pelatih kepala China, Li Yong Bo mengatakan target tiga medali emas tersebut merupakan target yang realistis.

“Tentu saja kami ingin merebut lima gelar juara. Tapi kali ini kami tidak bisa terlalu optimistis,” kata Li Yongbo.  “Tidak mungkin untuk menayamai hasil tahun lalu dengan empat gelar.”

Tim puteri China mengalami kekalahan menyakitkan dari Korea Selatan di final Piala Uber 2010 lalu.  Kekalahan ini sekaligus mengakhiri dominasi negara ini di ajang Piala Uber sejak 1998.

“Para pemain puteri masih dibayangi kekalahan di Piala Uber lalu. Sementara ganda putera terbaik, Cai Yun/Fu Haifeng tidak bermain bersama empat bulan terakhir karena  mewakili klub yang berbeda di liga domestik. Jadi sulit berharap dari mereka.”

Ganda China, Cai Yun/Fu Haifeng mengalahkan ganda terbaik Indonesia, Markis Kido/Hendra Setiawan di babak final Piala Thomas, Mei lalu.

Sementara pemain yang paling siap tampil hanyalah peraih medali emas Olimpiade Beijing, Lin Dan. Namun Lin Dan akan mendapat perlawanan keras dari pemain peringkat satu dunia, Lee Chong Wei serta pemain Indonesia, Taufik Hidayat.

“Saat ini permainan Lin luar biasa,” kata Yongbo. “Saya yakin ia akan mampu mengalahkan Lee (Chong Wei) di babak semifinal seperti saat di Piala Thomas dan kemudian meraih gelar juara yang keempatkali.”

“Kami tidak mau muluk-muluk. Tiga (gelar) saja sudah cukup,” ungkap Yongbo.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: