Jalan Terjal bagi Chong Wei dan Koo/Tan

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com – Perjalanan pemain nomor satu dunia Lee Chong Wei dan ganda putra terbaik dunia, Koo Kien Keat/Tan Boon Heong, di arena Kejuaraan Dunia 2010 bakal sangat berat. Berdasarkan hasil undian di Kuala Lumpur, Senin (9/8/10), para pemain Malaysia tersebut yang menjadi unggulan pertama, berada di jalur yang keras. Kondisi ini membuat harapan Malaysia, untuk meraih gelar pertama di Kejuaraan Dunia, cukup berat.

Di sektor tunggal putra, Chong Wei harus siap-siap menghadapi rintangan yang mungkin baginya tak terlalu sulit, seperti kompatriotnya Mohd Hafiz Hashim, pemain Denmark Jan Jorgensen, pemain Indonesia Taufik Hidayat atau pemain Jepang Kenichi Tago. Tetapi ada rintangan lain yang paling berat dan selalu menjadi momoknya, yaitu pemain China Lin Dan. Semua lawan itu siap jadi penjegalnya, sebelum dia menuju ke final.

Pelatih kepala Malaysia, Razid Sidek, yang menghadiri pengundian turnamen yang akan berlangsung 23-29 Agustus di Paris tersebut mengatakan, hasil itu (undian) sangat berat bagi para jagoan Malaysia. Ambisi untuk meraih emas pertama di kejuaraan tersebut, bisa pupus.

“Mereka mendapakan undian yang sangat, sangat berat. Baik Lee Chong Wei maupun ganda Koo/Tan, akan menghadapi lawan yang sulit,” ujar Rasid.

“Meskipun segala sesuatu bisa terjadi pada level kompetisi ini, para pemain Malaysia harus berada dalam kondisi terbaik sejak awak kompetisi,” tambahnya.

Pada jalur lain untuk sektor tunggal putra, pertarungan dipastikan tidak seketat jalan yang harus dilalui Chong Wei. Pemain veteran Denmark Peter Hoeg Gade, bakal mendapat tantangan dari pemain China Chen Jin, serta tunggal utama Indonesia di Pelatnas Cipayung, Sony Dwi Kuncoro, yang pernah jadi runner-up Kejuaraan Dunia 2007, serta peraih medali perunggu 2009.

Di nomor ganda putra, Koo/Tan bakal bertemu rival terberat mereka dari Korea Selatan, Lee Yong Dae/Jung Jae Sung, di perempat final. Pada pertemuan terakhir di semifinal Taiwan Terbuka Grand Prix Gold akhir pekan lalu, Koo/Tan takluk dari pasangan Korsel tersebut.

Pasangan lain dari Malaysia, Choong Tan Fook/Lee Wan Wah, juga harus siap-siap bertemu lawan berat. Pasalnya, mereka sejalur dengan pasangan Indonesia yang merupakan juara Olimpiade Beijing 2008, Markis Kido/Hendra Setiawan, yang kemungkinan jadi lawan di babak ketiga.

Dari sektor tunggal putri, Saina Nehwal akan diadang dua Wang dari China. Pemain India, yang baru saja menikmati ranking tertinggi sepanjang kariernya, yaitu peringkat 2 BWF, bakal bertemu dengan Wang Shixian dan Wang Xin. Sedangkan unggulan utama dari China, Wang Yihan, akan menghadapi kompatriotnya, Wang Lin, serta pemain nomor satu Denmark, Tine Rasmussen.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: