Lin Dan Tak Punya Lawan Sepadan

BEIJING, Kompas.com – Pelatih kepala bulu tangkis China, Li Yongbo mengatakan tidak ada yang bisa mencegah Lin Dan menjadi juara dunia tahun ini, kecuali dirinya sendiri.

Lin Dan, 26, akan mencoba meraih gelar juara dunia yang keempat saat ikut kejuaraan dunia di Paris, 23-29 Agutus ini. Li Yongbo sangat yakin dengan  kemampuan anak buahnya tersebut. “Lin dapat meriah gelar juara apa pun yang diinginkannya,” katanya.

“Semua tergantung apakah ia menginginkannya. Saya kira ia ingin membuat catatan sejarah sendiri atas namanya yang akan sulit dilampaui orang lain,” lanjut Yongbo.

Lin Dan kini berada di peringkat tiga dunia, karena ia jarang mengikuti turnamen Super Series dan lebih sering mengkuti liga domestik di negaranya.

Di kejuaraan dunia tahun ini, Lin Dan akan menghadapi undian yang berat sebelum lolos ke final. Ia kemungkinan akan menghadapi unggulan utama dan peringkat satu dunia, Lee Chong Wei dari Malaysia  serta juara Olimpiade 2004, Taufik Hidayat dari Indonesia.

Jika lolos ke final, ia kemungkinan akan menghadapi pemain Denmark, Peter Hoeg Gade atau rekan senegaranya, Chen Jin.

“Saat ini lawan Lin Dan hanyalah dirinya sendiri. Gade, Taufik, Lee Chong Wei bukanlah ancaman.  Mereka memang lawan Lin Dan, namun bukan saingannya,” kata Li Yongbo.

Agaknya Taufik Hidayat dan kawan-kawan perlu membuktikan siapa mereka di kejuaraan dunia nanti.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: