Sony Dipastikan Absen di Kejuaraan Dunia

AFP/SAEED KHAN
Sony Dwi Kuncoro

JAKARTA, Kompas.com – Pebulu tangkis tunggal putra Sony Dwi Kuncoro dipastikan batal mengikuti Kejuaraan Dunia yang akan berlangsung di Paris, Prancis, 23-29 Agustus. Pemain Pelatnas Cipayung ini cedera.

Pelatih tunggal putra pelatnas Agus Dwi Santoso memastikan, pemain asuhannya itu batal berangkat setelah tidak mengikuti latihan terakhir sebelum berangkat pada Jumat.

“Tidak jadi berangkat karena cedera … daripada datang ke sana tapi nggak bisa main,” kata Agus mengenai juara Singapura Super Series dan peringkat tujuh dunia tersebut, Jumat (20/8/10).

Agus mengatakan, Sony tidak mengikuti latihan sejak Kamis (19/8/10) setelah mengalami cedera saat berlatih.

“Belum tahu apa penyebabnya, apakah salah langkah saat mengambil bola belakang atau kurang minum,” papar Agus, mengenai penyebab cedera yang diderita runner-up Kejuaraan Dunia 2007 setelah kalah di final oleh pemain, China Lin Dan.

Absennya Sony, unggulan keenam, menyisakan unggulan kelima yang juga juara dunia 2005 Taufik Hidayat dan unggulan delapan Simon Santoso sebagai wakil Indonesia pada tunggal putra yang akan berlaga di Paris.

Agus mengatakan, hilangnya Sony tidak terlalu mempengaruhi peluang Indonesia pada nomor tunggal putra. “Sama saja, di (paruh) atas (undian) ada Taufik di bawah ada Simon,” katanya.

Sony, yang dalam undian pertandingan juga berada di paruh bawah, sedianya bertemu pemain Israel Misha Zilberman pada pertandingan pertamanya di Kejuaraan Dunia itu.

Kejuaraan Dunia adalah turnamen besar kedua berturut-turut Sony terganggu cedera. Sebelumnya ia hanya tampil sekali di putaran final Piala Thomas di Malaysia Mei lalu, karena cedera punggung bawah.

Selain Taufik dan Simon, Indonesia akan diwakili Adriyanti Firdasari dan Maria Febe Kusumastuti pada tunggal putri dan Markis Kido/Hendra Setiawan, Alvent Yulianto/Hendra Aprida Gunawan serta Rian Sukmawan/Yonatan Suryatama pada ganda putra.

Selain itu, tiga ganda campuran yakni juara 2005 dan 2007 Nova Widianto/Liliyana Natsir, Vita Marissa/Hendra Aprida Gunawan dan Fran Kurniawan/Pia Zebadiah juga akan melengkapi skuad tim “Merah Putih”.

Pada Kejuaraan Dunia kali ini Indonesia tidak mengirimkan wakil ganda putri sekalipun dua pasangan lolos kualifikasi, karena memilih untuk fokus pada pasangan baru.

Dua ganda yang lolos yakni Greysia Polii/Nitya Krishinda dan Meiliana Jauhari/Shendy Puspa Irawati sudah dipisah untuk membentuk pasangan baru Greysia/Meiliana dan Shendy/Nitya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: