Firda dan Maria Febe di Jalur Terjal

JAKARTA, Kompas.com – Dua pemain tunggal putri Indonesia akan melewati jalan yang sangat terjal di ajang China Masters Super Series. Pada turnamen berhadiah 250.000 dollar AS tersebut, yang bergulir 14-19 September di Changzhou, Adriyanti Firdasari dan Maria Febe Kusumastuti berada di jalur “maut”.

Pemain Pelatnas Cipayung tersebut sama-sama tergabung di paruh atas. Jika berhasil mengatasi lawan-lawannya di babak pertama dan kedua, maka Firda dan Maria Febe akan bertarung di babak perempat final.

Namun, skenario ini sangat sulit untuk terwujud. Meskipun peluangnya tetap terbuka, tetapi membutuhkan perjuangan yang pantang menyerah dari dua pemain andalan tersebut, karena lawan-lawan yang dihadapi adalah andalan tuan rumah.

Firda sudah harus bertemu unggulan utama dari China, Wang Yihan, jika dia berhasil mengatasi perlawanan pemain China lainnya, Li Xuerui, di babak pertama. Tak jauh berbeda dengan Firda, Maria Febe pun langsung bertemu unggulan delapan dari China, Wang Lin, yang baru saja meraih gelar juara dunia 2010.

Dari sektor tunggal putra, Indonesia menaruh harapan kepada dua pemain, yaitu Dionysius Hayom Rumbaka dan Taufik Hidayat. Peluang kedua pemain ini pun sangat berat, karena lagi-lagi pemain tuan rumah yang bakal menjadi tembok penghalang laju mereka.

Hayom, yang menjadi satu-satunya pemain pelatnas tunggal putra di turnamen ini, mengawali perjuangannya melawan pemain Hongkong Chan Yan Kit. Jika lolos, dia kemungkinan besar menghadapi unggulan tujuh dari China, Chen Long. Apabila masih bertahan, maka di perempat final Hayom bakal bertemu lagi pemain China yang berstatus juara dunia 2010, Chen Jin (unggulan 3).

Sementara itu, perjalanan Taufik untuk menembus semifinal, tampaknya sedikit lebih mudah. Di babak pertama, unggulan kedua ini bertemu pemain China Du Pengyu, dan kemungkinan menghadapi unggulan delapan dari Denmark, Jan O Jorgensen, di perempat final. Jika lolos, maka Taufik berpeluang besar menghadapi musuh bebuyutannya yang gagal mempertahankan gelar juara dunia, Lin Dan (unggulan 4).

Di sektor ganda putra, Indonesia hanya memiliki satu wakil dari pelatnas, Mohammad Ahsan/Bona Septano. Tetapi, pasangan masa depan ini dikepung oleh para pemain China.

Jika melewati adangan pertama melawan pemain Thailand Songphon Anugritayawon/Sudket Prapakamol, Ahsan/Bona harus siap-siap bertemu unggulan dua dari China, Guo Zhendong/Xu Chen, di babak kedua nanti. Apabila bertahan, maka mereka akan menghadapi tembok China lainnya yang lebih kokoh, yaitu unggulan lima Cai Yun/Fu Haifeng, yang baru saja mempertahankan gelar juara dunia.

Untuk sektor ganda putri, harapan besar akan ditujukan kepada Meiliana Jauhari/Greysia Polii, yang menjadi unggulan delapan. Pasangan pelatnas ini memiliki peluang sampai menembus perempat final, dan kemungkinan besar menghadapi unggulan utama dari Taiwan, Cheng Wen Hsing/Chien Yu Chin.

Meskipun demikian, masih ada pasangan yang bisa diharapkan dari sektor ganda putri ini, karena total Indonesia mengirim tiga wakil. Selain Meiliana/Greysia, masih ada dua pasangan yang tidak diunggulkan, yaitu Shendy Puspa Irawati/Nitya Krishinda Maheswari, yang bertemu pasangan Korea Selatan Ha Jung Eun/Jung Kyung Eun, serta Anneke Feinya Agustine/Annisa Wahyuni, yang menghadapi pemain tuan rumah Ma Jin/Zhong Qianxin.

Dari sektor ganda campuran, unggulan utama Nova Widianto/Liliyana Natsir, tetap jadi andalan utama Indonesia untuk meraih gelar, di samping Fran Kurniawan Teng/Pia Zebadiah Bernadet dan Muhammad Rijal/Debby Susanto. Tetapi, jika berhasil maju ke babak kedua, maka Nova/Liliyana dan Fran/Pia sudah harus saling “membunuh”. Sedangkan Rijal/Debby, di babak pertama mereka langsung bertemu unggulan tujuh dari China, Tao Jiaming/Tian Qing.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: