PON Riau 2012 : Jateng Tunggu Kuota Atlet Bulutangkis

SEMARANG, Kompas.com – Pengurus Provinsi Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Jawa Tengah, hingga saat ini masih menunggu kuota atlet yang bisa tampil pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII/2012 di Riau.

Ketua Umum Pengprov PBSI Jawa Tengah, HM Anwari, mengatakan, induk organisasi olahraga bulu tangkis di Tanah Air mengusulkan agar atlet yang tampil di Riau mendatang sebanyak 16 orang yang terdiri atas delapan putra dan delapan putri.

Usulan itu, kata Anwari yang juga Kepala Sub Bidang (Kasubid) Pengembangan Daerah PB PBSI itu, didasarkan pada berbagai event internasional seperti SEA Games dan Asian Games yang memberikan kuota kepada masing-masing negara sebanyak 16 atlet. Tetapi, kata dia, untuk PON masih mendapat kuota 13 atlet yang terdiri atas delapan putra dan lima putri.

“Kami masih menunggu keputusan dari KONI Pusat soal usulan atlet yang bisa tampil pada PON di Riau mendatang,” katanya, Senin (6/9/10).

Ia menjelaskan, untuk nomor beregu putra pada pesta olahraga multievent empat tahunan tersebut menggunakan sistem seperti Piala Thomas yaitu tiga tunggal dan dua ganda, sedangkan putri hanya dua tunggal dan satu ganda.

“Kalau bisa menjadi delapan atlet untuk putri, kemungkinan juga akan menggunakan sistem Piala Uber (tiga tunggal dan dua ganda putri) untuk nomor beregu putri,” katanya.

Ia mengatakan, tentunya usulan penambahan atlet di cabang olahraga bulu tangkis itu perlu pembahasan yang mendalam karena berarti nantinya ada tambahan 30 atlet yang berlaga pada PON Riau.

Sebanyak 10 provinsi yang berhak tampil pada PON tersebut, katanya, masing-masing mendapat tambahan tiga atlet. Ia mengatakan, untuk PON hanya 10 provinsi yang tampil. Dari jumlah tersebut lima provinsi langsung lolos tanpa harus melalui babak kualifikasi yaitu Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, DKI Jakarta, dan tuan rumah Riau, sedangkan lima provinsi lainnya diambilkan dari babak kualifikasi.

Jawa Barat, Jateng, Jatim, dan DKI Jakarta, kata dia, lolos ke PON tanpa harus melalui babak kualifikasi karena mampu menyumbangkan pebulu tangkis cukup banyak ke pelatnas, sedangkan Riau secara otomatis langsung bertarung di babak utama karena faktor tuan rumah.

Ketika ditanya pebulu tangkis Jateng yang dipersiapkan tampil pada PON di Riau mendatang, dia mengatakan, hingga saat ini yang terdaftar masih sembilan atlet karena masih menunggu keputusan dari KONI Pusat soal usulan penambahan atlet tersebut.

Kesembilan pebulu tangkis yang masuk PPOP Jateng di antaranya adalah Maria Febe Kusumastyuti, Muhammad Akhsan, Tantowi Ahmad, Nugroho Andi Saputra, Dionysius Hayom Rumbaka (Pelatnas), Feby Angguni, Debby Susanto (Pelatnas), Anisa Wahyuni, dengan Pelatih Christian Hadinata.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: