Alamsyah Jadi Harapan Tunggal

JAKARTA, Kompas.com – Alamsyah Yunus menjadi satu-satunya harapan Indonesia di sektor tunggal putra Jepang Terbuka Super Series. Pemain non-Pelatnas, yang kemarin harus melewati dua pertandingan kualifikas untuk tampil di babak utama, berhasil mengalahkan lawan pertamanya untuk maju ke babak kedua.

Pada pertandingan yang berlangsung Rabu (22/9/10), Alamsyah berjuang ekstra keras untuk menyingkirkan pemain Perancis Brice Leverdez. Setelah bertarung selama 1 jam 11 menit, pemain berusia 24 tahun ini berhasil menang 21-18, 19-21, 22-20.

Namun di babak kedua besok, Alamsyah, yang merajai banyak Sirkuit Nasional 2010 dan menjuarai India Grand Prix Gold awal Juni lalu, bakal menghadapi tembok kokoh. Pasalnya, dia akan bertemu dengan pemain China, yang pekan lalu menjadi finalis China Masters Super Series, Chen Long.

Duel kedua pemain ini berlangsung sangat ketat, karena hampir sepanjang tiga set permainan, terjadi kejar-mengejar poin. Di awal laga, Leverdez tampaknya bakal meraih kemenangan ketika sudah memimpin 17-15. Tetapi, Alamsyah bisa mengejar dan mengunci lawannya dengan raihan empat poin secara beruntun, setelah tertinggal 17-18.

Di set kedua, Alamsyah tak mampu mempertahankan momentum untuk segera mengakhiri pertandingan. Sejak menyamakan skor menjadi 5-5, Alamsyah melaju kencang meninggalkan lawannya hingga 19-16. Tetapi, Alamsyah justru tertahan di angka tersebut, karena lawan meraup lima poin berturut-turut untuk menang 21-19, dan memaksakan rubber game.

Seperti pada set kedua, di set terakhir, Alamsyah melaju kencang karena memimpin 9-3. Tetapi, lawan bisa mengejar dan menyamakan kedudukan menjadi 13-13. Bahkan, Leverdez membalikkan keadaan dan menguak harapan untuk lolos, ketika memimpin 18-15. Beruntung, semangat Alamsyah tetap tinggi, sehingga dia bisa keluar dari tekanan dan memaksa deuce, sebelum menang 22-20.

Keberhasilan Alamsyah ini menjadi sebuah hiburan bagi para pecinta bulu tangkis Indonesia. Sebab, dua pemain lainnya yang sangat diharapkan bisa “berbicara banyak” di event ini sudah tersingkir, yaitu unggulan 4 Taufik Hidayat dan Dionysius Hayom Rumbaka.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: