Indonesia Akan Ekspor Pelatih ke Rusia

LONDON, Kompas.com — Rusia dan Indonesia menjalin kerja sama di bidang pengembangan olahraga bulu tangkis dengan ditandatanganinya protokol kerja sama antara kedua federasi.

Protokol kerja sama itu ditandatangani Ketua Federasi Badminton Rusia Sergey Shakray di hadapan Dubes RI di Rusia Hamid Awaludin dan para petinggi Federasi Bulu Tangkis Rusia di Moskwa.

Sekretaris Pertama KBRI Moskwa Johannes OS Manginsela, dalam keterangan pers yang diterima Antara London, Sabtu, menyebutkan, dokumen tersebut sebelumnya ditandangani Ketua Umum PB PBSI Djoko Santoso dan dikirimkan ke Rusia untuk ditandatangani oleh pihak Rusia.

Dalam ikatan kerja sama tersebut, kedua pihak sepakat untuk melakukan berbagai bentuk kerja sama seperti pelatihan dan manajerial perbulutangkisan, pengembangan pusat pelatihan, pertukaran pelatih, riset bersama di bidang perbulutangkisan, dan pengembangan kurikulum pelatihan.

Dubes Hamid Awaludin mengatakan, Indonesia dan Rusia memiliki potensi yang dapat saling melengkapi dalam pengembangan bulu tangkis.

Pada satu pihak Indonesia unggul dalam penguasaan teknik permainan, sementara  Rusia memiliki materi program pelatihan fisik yang terkenal baik. Jika kedua potensi ini dapat digabungkan, akan melahirkan atlet-atlet bulu tangkis yang unggul, ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Sergey Shakhray menyatakan bahwa pihaknya mengharapkan kerja sama ini dapat segera direalisasikan dan Rusia siap menerima para pelatih bulu tangkis Indonesia di suatu kompleks pelatnas tim nasional bulu tangkis Rusia yang baru dan modern.

Olahraga bulu tangkis akhir-akhir ini berkembang cukup pesat di Rusia dan makin digemari publik dari berbagai kalangan.

Jumlah fasilitas lapangan bulu tangkis standar internasional juga makin bertambah, demikian pula aneka turnamen dilaksanakan pada berbagai tingkat, hingga tingkat internasional melalui Rusia Open yang dilaksanakan di Moskwa setiap dua tahun dan termasuk pada kategori Grand Prix Gold dalam agenda World Badminton Federation (BWF).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: