Simon Absen di Indonesia Terbuka

JAKARTA, KOMPAS.com — Pebulu tangkis tunggal putra peringkat tujuh dunia, Simon Santoso, dipastikan tidak ambil bagian dalam turnamen Indonesia Terbuka Grand Prix Gold di Samarinda, Kalimantan Timur, 12-17 Oktober 2010.

Dalam informasi turnamen yang disiarkan laman resmi Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF), Rabu, nama Simon tidak tertera, baik dalam daftar unggulan maupun dalam undian pertandingan.

Saat dikonfirmasi, juara Taiwan Terbuka Grand Prix Gold bulan lalu itu membenarkan bahwa ia tidak ikut serta. “Betul, tidak ikut,” katanya kepada Antara. “Saya masih pemulihan dari cedera pinggang waktu di Kejuaraan Dunia,” kata Simon yang terpaksa mundur dari babak 32 besar Kejuaraan Dunia di Paris bulan lalu akibat cedera tersebut.

Ia mengaku saat ini baru bisa menjalani latihan ringan. “Memang harus pelan-pelan dulu,” tambah pemain yang juga akan memperkuat tim Asian Games Indonesia itu.

Pemain peringkat empat dunia, Taufik Hidayat, menjadi unggulan teratas pada tunggal putra, sedangkan pemain China juara Olimpiade Beijing, Lin Dan, menempati posisi unggulan kedua.

Kemenangan bagi sektor tunggal putri seharusnya menjadi milik tuan rumah Indonesia setelah 18 pemain peringkat teratas dunia tidak ambil bagian dan hanya menyisakan Adriyanti Firdasari (peringkat ke-19) sebagai unggulan pertama.

Pemain pelatnas lainnya, Maria Febe Kusumastuti (peringkat ke-25), menjadi unggulan kedua, sementara Fransiska Ratnasari, Linda Wenifanetri, dan Maria Kristin berturut-turut menjadi unggulan kelima, keenam, dan ketujuh.

Beberapa pemain tampil dengan pasangan baru pada turnamen berhadiah 120.000 dollar AS yang baru kali pertama digelar itu. Pemain ganda campuran peringkat satu dunia, Nova Widianto dan Liliyana Natsir, tidak akan tampil berpasangan. Nova akan tampil bersama Shendy Puspa Irawati, sedangkan Liliyana kembali bersama Tontowi Ahmad yang telah menghasilkan satu gelar dan sekali menjadi runner-up dalam dua turnamen yang pernah mereka ikuti.

Ganda putra juara Olimpiade Markis Kido juga tidak akan bermain bersama pasangannya, Hendra Setiawan, tetapi berduet dengan pemain veteran, Sigit Budiarto, karena Hendra harus menghadiri acara keluarga. “Saya tidak main (di Samarinda) karena ada acara keluarga,” kata Hendra yang dihubungi secara terpisah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: