Djarum Sirnas Surabaya Dibanjiri Peserta

Suasana pembukaan Djarum Sirnas IV Victor

SURABAYA, Kompas.com – Djarum Sirkuit Nasional (Djarum Sirnas) Victor Regional IV digelar di Surabaya, Senin (4/10) dan diikuti sebanyak 1.354 atlet dari 111 klub yang ada di 16 provinsi.

Pembukaan kejuaraan kali ini seyogianya dibuka oleh Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf. Tetapi kemudian Saifullah menyatakan bahwa dirinya tidak bisa hadir, sehingga akhirnya kejuaraan pun dibuka oleh Sekretaris Jendral (Sekjen) PBSI yang sekaligus Ketua Pengurus Provinsi (Pengprov) Jawa Timur, Yacob Rusdianto.

Dalam sambutannya, Yacob mengungkapkan harapannya agar turnamen ini bisa terlaksana dengan sukses, dan di hari nantinya akan hadir juara-juara baru dari Surabaya khususnya, dan Indonesia pada umumnya. “Dari kejuaraan ini, saya berharap akan muncul atlet-atlet berprestasi dunia dari Surabaya,” papar Yacob.

Surabaya pun mendapat “jatah” tambahan karena membanjirnya peserta kali ini, setelah Manager Meeting jumlah peserta tercatat sebanyak 1.354 atlet, yang berasal dari 111 klub yang tersebar di 16 provinsi.  “Surabaya memang selalu berhasil menarik peserta terbanyak setelah Jakarta dan Tegal, maka kami menyiapkan enam hari untuk pelaksanaannya,” ungkap Ketua Bidang Turnamen dan Perwasitan PBSI, Mimi Irawan.

Angka tersebut didominasi oleh peserta di kelas remaja, sekaligus merupakan angka yang cukup fantastis mengingat di Surabaya ini, hanya empat kelompok umur yang dipertandingkan yaitu pemula, remaja, taruna dan dewasa, tanpa kelompok umur anak-anak dan veteran. “Hal ini dikarenakan mulai 1 Januari 2011 kita akan menerapkan pembagian kelompok umur sesuai dengan standar BWF (Federasi Bulutangkis Internasional – red), yaitu semua umur atau dewasa, kemudian U19, U15 dan U13,” lanjutnya.

Pembagian kelompok umur yang baru ini pun merupakan bagian dari upaya PBSI untuk meningkatkan standar kompetisi, dan juga agar gengsi kejuaraan terus meningkat dari tahun ke tahun. “Tidak ada lagi anak yang baru belajar bulutangkis bermain di level kejuaraan seperti Sirnas, kami menginginkan yang terbaik,” pungkasnya.

Tetapi ramainya peserta kali ini, tidak dihiasi dengan hadirnya peserta asing seperti di tujuh Djarum Sirnas sebelumnya. Kali ini hanya peserta dari Singapura saja yang turut berpartisipasi. Hal ini berkaitan dengan banyaknya turnamen lokal di berbagai negara.

Kejuaraan ini pun bisa dinikmati melalui dunia maya, di mana www.djarumsuper.com menyediakan fasilitas online score, yang secara real time menyiarkan proses perolehan angka dari peserta yang tengah bertanding. Dan sepanjang 4 hingga 9 Oktober mendatang, GOR Sudirman dan GOR Suryanaga akan menggelar sebanyak 1.257 pertandingan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: