Mengenang MF Siregar : “Siregar Pelopor Teknologi Olahraga”

Tokoh olahraga MF Siregar memberikan buku kepada mantan Ketua Umum PB PBSI Try Sutrisno (kiri) saat peluncuran buku M.F. Siregar Matahari Olahraga Indonesia di Jakarta, Selasa (11/11).
TERKAIT:

JAKARTA, Kompas.com – Mantan pebulu tangkis nasional Christian Hadinata menilai sosok Mangombar Ferdinand Siregar sebagai pelopor penggunaaan teknologi dalam olahraga di Indonesia, khususnya cabang bulu tangkis.

“Dia adalah pelopor penggunaan teknologi dalam olahraga khususnya bulu tangkis. Banyak pemikirannya yang dahulu belum lazim, sekarang terbukti kebenarannya,” ujar Christian ditemui saat melayat di kediaman Siregar di Slipi, Jakarta, Senin (4/10/10).

MF Siregar (81) meninggal dunia di RS Abdi Waluyo, Jakarta, Minggu (3/10/10), setelah dirawat sekitar dua pekan akibat menderita stroke.

Christian mengatakan, ilmu pengetahuan Siregar–yang saat itu menjadi Ketua Bidang Pembinaan Prestasi–sangat bermanfaat ketika PBSI melakukan persiapan menjelang Olimpiade Barcelona 1992.

“Ia terapkan semua, termasuk dalam mengatur gizi atlet,” kata Christian yang saat itu juga menjadi pelatih.

“Saat itu, kami sebenarnya tidak begitu mengerti apa yang dia ucapkan, tetapi dia memaksa programnya harus diikuti,” tambahnya.

Apa yang diterapkan Siregar, terbukti membuahkan hasil karena selain membawa pulang dua medali emas melalui Alan Budikusuma dan Susy Susanti, Indonesia juga meraih dua medali perak (Ardy B Wiranata dan pasangan Eddy Hartono/Rudy Gunawan) serta satu perunggu (Hermawan Susanto).

Sejak itu, Indonesia belum pernah meraih medali emas lebih dari satu keping pada pesta olahraga empat tahunan, Olimpiade.

Selain Christian, beberapa mantan pemain nasional seperti Lim Swie King, Heryanto Arbi, dan Hermawan Susanto, serta sejumlah pemain Pelatnas juga datang melayat.

Mantan Ketua Umum KONI Pusat Agum Gumelar yang ditemui pada kesempatan yang sama, menilai belum ada sosok pengganti Siregar yang mempunyai pemikiran dan pengabdian yang luar biasa terhadap olahraga di Indonesia.

Sejumlah pengurus cabang olahraga juga tampak melayat ke rumah duka sebelum jenazah Siregar dimakamkan di TPU Petamburan pada hari Selasa (5/10).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: