Akhirnya, Kido dkk Dapat Rekomendasi

Ganda putra Indonesia, Hendra Setiawan (kiri) dan Markis Kido.

JAKARTA, KOMPAS.com – Ketua Pengurus Provinsi PBSI DKI Jakarta, Icuk Sugiarto, meyakinkan akan memberikan rekomendasi kepada pemain non pelatnas Markis Kido, Vita Marissa, Hendra AG, untuk mengikuti kejuaraan internasional. Hal tersebut diutarakan Icuk selepas mediasi bersama Kido dan Vita di GOR Asia Afrika, Kamis (7/10/2010).

“Saya akan rekomendasikan mereka karena untuk kepentingan atlet tetap harus ada satu solusi,” ujar Icuk.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Kido, Vita dan Hendra terpaksa batal tampil pada Kejuaraan China Master September 2010 lalu karena tak urung mendapat rekomendasi dari Pengprov PBSI DKI Jakarta pada saat pendaftaran. Hal tersebut berkaitan dengan penerapan pasal 25 AD/ART PBSI, yang mengatur soal pendapatan atlet.

Icuk berpendapat, Kido, Vita dan Hendra sebagai pemain bulu tangkis belum memenuhi kewajiban mereka kepada Pengprov DKI sesuai peraturan tersebut.

Dalam pertemuan yang sama, Wakil Ketua Klub Tangkas Alfamart, Juniarto Suhandinata juga menambahkan saat ini pihaknya tengah menunggu fatwa dari PB PBSI terkait masalah ini.

Pasal 25 AD/ART PB PBSI ini berisikan pengaturan mengenai pendapatan atlet. Peraturan tersebut berlaku bagi atlet pelatnas dan dirumuskan tanpa perhitungan bahwa akan ada atlet non pelatnas dikemudian hari. Sementara Kido, Vita dan Hendra saat ini berstatus pemain non pelatnas.

“Mengingat kita harus mengutamakan kepentingan atlet maka kami mengadakan pertemuan ini. Selain itu kami masih menunggu surat dari PB PBSI dan semoga ada fatwa mengenai hal ini. Yang terpenting jangan sampai ada pemain yang dirugikan,” tutur Juniarto.

Sementara Icuk juga menegaskan akan patuh dan tunduk apabila fatwa dari PBSI, walaupun kemungkinan akan ada beberapa poin yang direvisi. “Dari saya sendiri, saya ingin taat dan patuh. Apapun yang jadi keputusan PBSI saya terima,” sebutnya.

Dengan hasil mediasi ini, Kido, Hendra dan Vita boleh bernafas lega. Untuk kejuaraan berikutnya yaitu di Denmark dan Perancis Open sebelum Asian Games XVI serta China-Hongkong Open sesudahnya, mereka dipastikan akan mendapat rekomendasi dari Pengprov PBSI DKI Jakarta.

“Sambil menunggu jawaban dari PBSI saya akan tetep merekomendasikan mereka,” pungkas Icuk.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: