Juara di Brasil, Ana Tembus 100 Besar

Ana Rovita

SEMARANG, Kompas.com – Peringkat dunia pebulu tangkis tunggal putri PB Djarum Kudus, Ana Rovita, melonjak. Prestasi ini tak lepas dari keberhasilannya menjuarai turnamen Brasil International Challange 2010 beberapa waktu lalu.

Ketua PB Djarum Kudus, Yoppy Rosimin ketika dihubungi dari Semarang, Senin (11/10/10), mengatakan, peringkat Ana sebelum tampil di Brasil adalah 128 dan sekarang ini mampu menembus peringkat 100 dunia.

“Saya belum tahu karena belum ada pengumuman resmi dari Badminton World Federation (BWF), tetapi saya kira dia bisa menembus peringkat 100 dunia,” katanya menegaskan.

Pada Brasil International Challange yang berlangsung 7-10 Oktober 2010, Ana keluar sebagai juara setelah mengalahkan pebulu tangkis Jerman yang menempati peringkat 42 dunia dengan dua set langsung, 25-23 dan 21-15.

Selain Ana, Djarum Kudus juga meraih juara dari nomor ganda putra setelah pasangan Didit Juang/Seiko WK menang atas pasangan Kanada Andrian Liu/Derrick Ng dengan dua set langsung, 21-16 dan 21-11.

Ana, kelahiran Kabupaten Jepara, Jateng, 30 Maret 1991, adalah semifinalis Djarum Indonesia Open Super Series 2010 di Jakarta, Juli 2010. Waktu itu, Ana yang berjuang dari babak kualifikasi berhasil menyingkirkan seniornya, Maria Kristin Yulianti yang juga peraih medali perunggu Olimpiade Beijing, pada babak perempat final dengan dua set langsung 21-19 dan 21-14.

Pada babak semifinal, Ana ditumbangkan tunggal putri Jepang, Sayaka Sato, 20-22 dan 17-21.

Pada turnamen di Brasil ini, Djarum Kudus menerjunkan tujuh atlet didampingi pelatih Fung Permadi.

Usai mengikuti turnamen di Brasil ini, Ana dan kawan-kawan meneruskan untuk mengikuti turnamen yang sama di Cyprus, 14-17 Oktober 2010. Ia mengatakan, yang berangkat ke Cyprus juga sama dengan yang diterjunkan di Brasil.

“Saya harapkan kita bisa mengulang sukses di Cyprus, minimal harus bisa membawa pulang dua gelar,” katanya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: