Memprihatinkan! Hanya Febe yang Lolos

JAKARTA, Kompas.com — Prestasi para pemain tunggal putri Indonesia masih sangat memprihatinkan. Turnamen Indonesia Terbuka Grand Prix Gold 2010 di Stadion Palaran, Samarinda, menjadi bukti bahwa sektor ini, yang dulu menjadi salah satu ladang trofi yang bisa diraih pemain Tanah Air, masih sedang berkubang dalam keterpurukan.

Bagaimana tidak, dari total 19 pemain yang tampil di babak pertama event kelas dua tersebut—grand prix satu strip di bawah superseries, hanya satu pemain yang lolos ke perempat final. Cuma Maria Febe Kusumastuti yang bisa melewati hadangan lawan, itu pun karena bertemu sesama pemain Indonesia, Siti Anida Lestari Qoryatin. Maria Febe, yang merupakan unggulan kedua, menang straight set 21-16, 22-20, dalam duel berdurasi 31 menit, Kamis (14/10/2010).

Hasil partai lain, di mana Indonesia “hanya” meloloskan total lima wakil ke babak kedua, sangat memprihatinkan. Bahkan, Adriyanti Firdasari yang menjadi unggulan utama harus mengakui kehebatan pemain Taiwan yang tidak diunggulkan, Chen Hsiao Huan, dengan 22-20, 17-21, 13-21.

Kini, harapan untuk meraih gelar tunggal putri di kandang sendiri, tinggal dibebankan kepada Maria Febe. Namun, di babak delapan besar nanti, Jumat (15/10/2010), mantan pemain binaan PB Djarum Kudus tersebut bakal menghadapi lawan sangat tangguh, yaitu Zhou Hui, yang menyingkirkan pemain Singapura, Gu Juan, dengan 21-12, 18-21, 21-9. Sebagai catatan, pemain Singapura ini lebih dulu mengalahkan unggulan keenam dari Indonesia, Linda Wenifanetri, di babak pertama.

Memang, Zhou Hui tidak diunggulkan, tetapi fakta menunjukkan bahwa para pemain Indonesia sudah kalah sebelum bertanding melawan para pemain China meskipun lawan sama sekali belum terkenal. Inilah yang harus diwaspadai Maria Febe, jika mau meraih tiket menuju semifinal.

Pemain lain yang hari ini tersingkir di babak kedua adalah Rosaria Yusfin Pungkasari, yang kalah 14-21, 18-21 dari unggulan delapan asal Singapura, Zhang Beiwin. Kemudian, Maria Elfira Christina harus mengakui kehebatan unggulan ketiga dari Taiwan, Tai Tzu Ying, dengan 10-21, 16-21.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: