Ana Melaju ke Perempat Final

Cyprus International 2010

Di saat masyarakat bulutangkis Indonesia tengah tertuju pada kejuaraan bulutangkis berlabel Grand Prix Gold, yakni Indonesia Open, terbersit kabar menggembirakan datang dari negeri Cyprus. Sebuah negara yang berada di Laut Tengah bagian timur, ± 113 km di sebelah selatan Turki dan 120 km di sebelah barat Suriah.

Kabar menggembirakan dibuat oleh pemain bertubuh mungil asal Indonesia, Ana Rovita. Meski menjadi pemain putri satu-satunya mewakili Indonesia pada kejuaraan 23rd SOTX Cyprus International 2010, Ana tak mengenal rasa takut. Ana Rovita berhasil menerobos babak perempat final. Ana yang minggu lalu mampu menjadi juara pada kejuaraan Brazil International Badminton Cup 2010 harus bermain sebanyak dua kali dalam satu hari. Pada siang hari pukul 14.00 waktu setempat, ia berhasil melumat Emily Avraamidou dengan mudah. Hanya dalam waktu 15 menit, semifinalis Indonesia Open Super Series 2010 ini menyudahi perlawanan pemain tuan rumah Cyprus dengan 21-7, 21-3.

Pada sesi sore yang memainkan babak kedua, Ana yang menempati unggulan ke enam, dipaksa bermain rubber set oleh pemain Rusia Anastasia Chervyakova. Di set pertama, pemain Rusia membuat Ana kerepotan. Ana selalu tertinggal dalam perolehan angka. Tercatat, Ana hanya bisa dua kali memimpin perolehan angka, selebihnya pemain Rusia ini unggul dalam perolehan angka. Meski demikian perolehan angka di set pertama sangat ketat. Ana yang sempat tertinggal hingga jeda set pertama dengan 7-11, mampu menyamakan kedudukan saat scoring board menunjukkan angka 13-13. Setelah kedudukan disamakan dengan 14-14, pemain Rusia melesat membuat Ana tertinggal 14-17. Meski Ana sempat memperkecil jarak perolehan angka, namun pemain Rusia segera menutup set pertama dan Ana kalah 19-21.

Kepercayaan diri Ana mulai bangkit pada set kedua. Setelah angka sama pada 2-2, Ana mulai bisa mendikte permainan Anastasia. Ana terus memperlebar jarak angka kemenangan. Jeda set kedua di rebut Ana dengan 11-7. Hampir saja pemain Rusia bisa menyamakan kedudukan, ketika angka hanya selisih satu saja pada 16-15. Tetapi setelah itu Ana berhasil menambah 3 angka dan merubah kedudukan menjadi 19-15. Pemain Rusia sempat membukukan dua angka sebelum akhirnya Ana merebut set kedua dengan 21-17 dan membuat pertandingan menjadi rubber game.

Ana memulai set ketiga dengan memimpin 5-1. Tetapi pemain Rusia mampu mengejar dan membuat angka kembar sebanyak lima kali dengan angka kembar terakhir 9-9. Ana mulai mampu menginggalkan jauh pemain Rusia dan hanya tinggal membutuhkan satu angka saja untuk mengakhiri pertandingan saat kedudukan 20-14. Yang terjadi justru pemain Rusia mampu menambah pundi angka kemenangan dan memperkecil jarak menjadi 20-18. Seolah tak ingin berlama-lama, Ana segera menyudahi pertandingan dengan 21-18 dan memastikan tempat di perempat final.

Di babak perempat final yang akan dilangsungkan hari Sabtu [16/10], Ana akan menantang unggulan pertama Anne Hald Jansen asal Yunani. (AR)

Hasil Lengkap :
Cyprus International 2010

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: