Apa langkah Rian/Yoke selanjutnya?

Bulutangkis.com – Usai turnamen Indonesia Open Grand Prix Gold 2010 yang baru berlangsung di Samarinda pekan lalu, pasangan ganda putra pelatnas Rian Sukmawan/ Yonathan Suryatama Dasuki dikembalikan PBSI ke klubnya PB Djarum. Apa langkah Rian/Yoke selanjutnya?

Rian Sukmawan yang selama ini berpasangan dengan Yoke panggilan akrab Yonathan Suryatama Dasuki belum berhasil meraih satu gelar dari beberapa turnamen yang diikuti selama tahun 2010. Pada turnamen Indonesia Open Grand Prix Gold 2010, Rian/Yoke yang merupakan unggulan satu, gagal meraih gelar juara setelah menyerah di partai final menghadapi rekannya di pelatnas Mohammad Ahsan/ Bona Septano unggulan dua. Rian/Yoke mengundurkan diri dari pertarungan akibat cedera lutut Yoke saat kedudukan 16-21, 17-18 bagi keunggulan Ahsan/ Bona.

Pada turnamen Indonesia Open Super Series 2010 yang berlangsung di Jakarta bulan Juni, Rian/ Yoke hanya sampai babak 16 besar, kalah menghadapi ganda putra Korea Selatan, Kim Ki Jung/ Shin Baek Cheol 21-15, 19-21, 6-21. Sementara pada Kejuaraan Dunia 2010 di Paris bulan Agustus lalu, langkah Rian/Yoke juga hanya sampai pada babak 16 besar ditaklukkan rekannya Markis Kido/ Hendra Setiawan 12-21, 9-21.

Kembalinya Rian/ Yoke ke klub saat ini telah dipersiapkan dengan segala aktivitas baru oleh PB Djarum. ‘’Pada sirnas tahun depan dan turnamen lainnya, Rian bisa berpasangan dengan Rendra Wijaya. Sementara Yoke kemungkinan mencoba sebagai atlit profesional,’’ ungkap Yoppy Rosimin, Ketua PB Djarum Kudus kepada Bulutangkis.com. ‘’Rian mau merintis menjadi assisten pelatih disamping sebagai atlit di klub,’’ tambah Yoppy.

Saat ditanya beredarnya rumor keinginan Yoke bermain di Singapura, Yoppy menjelaskan, ‘’Pastinya belum tau, tentunya Yoke akan mempertimbangkan yang terbaik bagi dirinya.’’

Kehadiran Rian Sukmawan ke klub Djarum memberikan pasangan baru bagi Rendra Wijaya yang selama ini selalu berganti pasangan. Selama tahun 2010 dua kali Rendra Wijaya naik ke podium juara pada ajang sirnas berpasangan dengan Tri Kusuma Wardhana pebulutangkis PB. Jaya Raya Suryanaga. Gelar pertama diraih pada Sirnas Manado bulan Maret 2010 dan gelar kedua pada Sirnas Denpasar bulan Agustus 2010.

‘’Jika Rian kembali ke Djarum, ya mungkin kita jadi parner,’’ ungkap Rendra Wijaya kepada Bulutangkis.com, membenarkan rencana klub Djarum yang akan memasangkan Rian Sukmawan dengan Rendra Wijaya pada turnamen-turnamen yang akan datang. (efka)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: