Kido/Hendra Menuju Perempat Final

JAKARTA, Kompas.com – Markis Kido/Hendra Setiawan terus memelihara asa meraih gelar di turnamen Denmark Terbuka Super Series. Ganda putra terbaik Indonesia tersebut melewati rintangan kedua yang dihadapi pada Kamis (28/10/10), ketika bertemu Chris Adcock/Andrew Ellis.

Sempat mendapat perlawanan ketat di game pertama, Kido/Hendra akhirnya memenangkan duel di Odense Sports Park tersebut dengan straight set 25-23, 21-15, dalam waktu 34 menit, sekaligus memastikan diri maju ke perempat final. Di babak delapan besar kejuaraan berhadiah 200.000 dollar AS ini, Jumat (29/10/10), Kido/Hendra bertemu pasangan kualifikasi dari Jerman Michael Fuchs/Oliver Roth, yang di luar dugaan menyingkirkan pasangan tuan rumah yang merupakan unggulan 6, Mads Conrad-Petersen/Jonas Rasmussen, dengan 23-21, 21-16

Di sektor ganda putra, Indonesia memiliki dua wakil. Selain Kido/Hendra yang merupakan unggulan kedua, ada pasangan non-Pelatnas lainnya, Alvent Yulianto Chandra/Hendra Aprida Gunawan, yang merupakan unggulan ketiga. Alvent/Hendra AG akan ditantang pemain Belanda Ruud Bosch/Koen Ridder.

Jika Alvent/Hendra AG berhasil mengatasi pasangan “Negeri Kincir Angin” tersebut, maka semakin dekatlah pertarungan sesama pemain Indonesia di babak semifinal. Pasalnya, Alvent/Hendra AG dan Kido/Hendra tergabung di paruh bawah, sehingga mereka bakal “saling membunuh” di semifinal (jika terus melangkah).

Bertemu pasangan yang tidak diunggulkan, Kido/Hendra harus memeras keringat dan menghadapi tekanan di game pembuka. Pasalnya, lawan terus menempel perolehan poin sehingga terjadi kejar-mengejar. Bahkan Adcock/Ellis lebih dulu meraih set point dalam kedudukan 20-18.

Beruntung, pasangan peraih medali emas Olimpiade Beijing 2008 tersebut tampil sangat tenang dan memiliki mental yang kuat, sehingga mereka bisa mengatasi tekanan. Tertinggal dua angka, Kido/Hendra mampu menyusul dan berhasil memenangkan game pertama dengan deuce 25-23.

Di awal game kedua, Kido/Hendra tetap harus bekerja ekstra keras karena lawan terus menempel hingga skor imbang 8-8. Tetapi setelah itu, pasangan yang sedang mempersiapkan diri membela Indonesia di ajang Asian Games XVI awal bulan depan ini, meraup empat poin untuk memimpin 12-8, dan mereka terus mempertahankan keunggulan sampai menang 21-15.

Indonesia memiliki harapan meraih dua gelar di Denmark Terbuka ini. Selain dari tangan Kido/Hendra, asa juga digantungkan kepada tunggal putra yang merupakan unggulan kedua, Taufik Hidayat–apalagi unggulan utama dari Denmark Peter Hoeg Gade mengundurkan diri karena masih cedera.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: