Taufik dan Kido/Hendra ke Final

JAKARTA, Kompas.com – Indonesia memiliki harapan untuk membawa pulang dua gelar juara dari turnamen Denmark Terbuka Super Series. Pasalnya, ada dua wakil dari Tanah Air yang melangkah ke partai puncak turnamen berhadiah 200.000 dollar AS ini.

Taufik Hidayat dan ganda putra Markis Kido/Hendra Setiawan, selangkah lagi mewujudkan impian tersebut, setelah mereka melewati hadangan di semifinal, Sabtu (30/10/10). Dalam laga di Odense Sports Park, Taufik menang rubber game 21-15, 17-21, 21-17 atas pemain China Du Pengyu, sedangkan Kido/Hendra menang dua game 21-15, 21-16 atas unggulan delapan dari Jepang, Hiroyuki Endo/Kenichi Hayakawa.

Sebenarnya, ada tiga wakil Indonesia yang tampil di babak empat besar. Sayang, ganda campuran yang merupakan unggulan kedua, Hendra Aprida Gunawan/Vita Marissa, gagal, setelah menyerah 19-21, 11-21 dari pasangan tuan rumah yang merupakan unggulan ketiga, Thomas Laybourn/Kamilla Rytter Juhl.

Keberhasilan Taufik dan Kido/Hendra menembus final ini sesuai dengan perkiraan. Para mantan pemain Pelatnas Cipayung tersebut juga memiliki peluang besar menyabet gelar, terutama Taufik, yang “hanya” menghadapi unggulan keempat Jan O Jorgensen. Pemain Denmark tersebut menyingkirkan unggulan delapan dari Hongkong, Hu Yun, dengan 21-12, 21-17.

Dari hasil drawing, Taufik diprediksi akan menghadapi salah satu rival klasiknya, yang juga pemain nomor satu Denmark, Peter Hoeg Gade. Tetapi, unggulan utama tersebut batal ambil bagian karena masih bergelut dengan cedera punggung. Dengan demikian, Taufik yang sangat difavoritkan untuk menjadi juara tunggal putra, meskipun O Jorgensen juga tetap punya potensi membuat kejutan.

Sedangkan Kido/Hendra, bakal menghadapi lawan berat. Pasangan peraih medali emas Olimpiade Beijing 2008 tersebut bertemu unggulan utama dari Denmark, Mathias Boe/Carsten Mogensen, yang menang 21-11, 21-16 atas pemain Jepang Yoshiteru Hirobe/Kenta Kazuno.

Dennmark Terbuka ini menjadi ajang pemanasan bagi para pemain non-Pelatnas, yang masuk skuad bulu tangkis Indonesia di Asian Games. Taufik serta Kido/Hendra, akan menjadi andalan utama tim Merah Putih pada event empat tahun tersebut, yang mulai bergulir pekan kedua November nanti–para pemain Pelatnas “diistirahatkan” untuk konsentrasi tampil di Asian Games, sehingga mereka tak ambil bagian di event ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: