Hasil Final French Open Super Series 2010

Bulutangkis.com – Menghadapi Joachim Persson dari Denmark pada final tunggal putra France Open Super Series 2010, Taufik Hidayat tampak begitu yakin untuk mencuri sebuah gelar Super Series.

Awal pertandingan yang diwarnai dengan kejar mengejar angka sampai pada angka 8-8, menggambarkan bahwa tidak semudah itu, Taufik dapat mencuri gelar walaupun diatas kertas, Taufik unggul secara sejarah pertemuan bahkan peringkat.

Di awal pertandingan ini, Taufik seperti biasa banyak bermain net dengan kombinasi bola dorongan ke arah belakang yang mengecoh lawan. Joachim sendiri banyak menunggu Taufik mengangkat bola untuk mulai menyerang, namun pertahanan Taufik pun tak kalah siap untuk kembali mengembalikan bola secara silang dan menyulitkan Jaochim untuk kembali menyerang.

Kecermatan Taufik dalam bermain tidak dapat diragukan lagi. Antisipasi bola melebar atau memanjang memberikan keuntungan yang cukup kentara dalam pengumpulan point Taufik. Disamping itu timing dalam menyerang pun tepat untuk menjebak lawan, apalagi dengan kehandalan backhand Taufik yang sangat ditakuti.

Joachim sendiri pun cukup cerdik dengan tidak meladeni permainan net Taufik, sehingga cukup sulit juga untuk Taufik mendapat kesempatan untuk memotong bola net Joachim kalau mengambang di atas net. Joachim bahkan banyak memancing Taufik dengan mendorong bola kearah belakang yang cukup membantu Joachim untuk menghindari serangan tajam Taufik.

Keunggulan Taufik tidak tekejar setelah jeda turun minum. Match point untuk Taufik di posisi 20-15, dan hanya satu angka diberikan Taufik kepada Joachim, dan Taufik menutup dengan 21-16.

Di set kedua, Joachim mencoba lebih agresif dalam menyerang, terlihat dengan mulai melancarkan bola keras dan tajam ke arah lapangan Taufik yang sulit dikembalikan. Bola silang Joachim pun 2 kali membuahkan hasil, walau pada akhirnya tidak mampu mengejar keunggulan Taufik yang sudah mencapai posisi 7-3 untuk Taufik.

Joachim berhasil mengejar ketertinggalan bahkan menyamai 7-7 setelah 3 kali berturut turut meraih angka melalui smash, dan permainan bola pendek di depan net. Taufik tidak membiarkan Joachim untuk terus mengejar dan mengunggulinya. Langsung saja dengan empat angka berturut turut, Taufik berhasil mengukuhkan keunggulan 11-7.

Joachim mulai melakukan kesalahan sendiri, beberapa kali Taufik membiarkan bola memanjang dari Joachim dan permainan net yang menjebak Joachim akhirnya mampu mengunci Joachim di angka 7 sedangkan Taufik melesat sepuluh angka. Tercatat tiga kali Jaoachim salah mengantisipasi bola Taufik yang dikira keluar namun dinyatakan masuk oleh hakim garis.

Perbedaan sepuluh angka dipertahankan oleh Taufik sampai pada posisi 19-9. Joachim nampak sudah putus asa dan sudah dipastikan akan menyerahkan gelar ini kepada Taufik Hidayat. Sebuah smash backhand Taufik yang tidak dapat dikembalikan Joachim menutup pertandingan ini dan akhirnya Taufik dapat memperebut gelar super seriesnya yang pertama tahun ini.

Pada tahun lalu Taufik Hidayat gagal meraih gelar juara setelah Lin Dan mengalahkannya di partai final dengan skor 21-6, 21-15. Lin Dan kali ini tidak berpartisipasi, dua tunggal putra China tampil di babak utama Du Pengyu dan Wang Zhengming. (Tomi Arifin, Kuala Lumpur, Malaysia)

Hasil pertandingan babak final Perancis Super Series
Ganda putra :
– Matthias Boe/Carsten Mogensen [1] [DEN] vs Ingo Kindervater/ Johannes Schöttler[GER] 21-15 21-9
Tunggal putri:
– Wang Yihan [1] [CHN] vs Xuerui Li [8] [CHN] 21-13, 21-9
Tunggal putra:
– Taufik Hidayat [2][INA] vs Joachim Persson [8][DEN] 21-16, 21-11
Ganda putri:
– Duanganong Aroonkesorn/Kunchala Voravichitchaikul [3][THA] vs Petya Nedelcheva/Anastasia Russkikh [1][BUL/RUS] 21-16, 11-2 Mengundurkan diri
Ganda campuran :
– Sudket Prapakamol/ Saralee Thoungthongkam [4][THA] vs Michael Fuchs/Birgit Overzier [7][GER] 21-15, 21-15.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: