Lin Dan Tak Ambisius di Nomor Perorangan

Lin Dan

GUANGZHOU, Kompas.com – Superstar bulu tangkis asal China, Lin Dan, menegaskan bahwa fokusnya dalam Asian Games adalah pada event beregu. Dia tak terlalu ambisius memenangi gelar pribadi untuk meraih medali emas nomor perorangan.

“Kompetisi beregu adalah prioritas saya,” kata pemain berusia 27 tahun ini, yang dianggap sebagai pemain bulu tangkis terbaik sepanjang masa dan salah satu nama terbesar pada Asian Games di Guangzhou.

Kompetisi beregu adalah prioritas saya
— Lin Dan

Lin Dan, peraih medali emas Olimpiade Beijing 2008 dan tiga kali juara dunia, gagal meraih gelar juara Asian Games empat tahun lalu di Doha. Meskipun demikian, dia menyatakan tidak berkonsentrasi pada kejayaannya sendiri.

“Tentu saja setiap pemain ingin maju dari baik menjadi lebih baik lagi tetapi seharusnya tidak terobsesi oleh itu,” katanya kepada kantor berita Xinhua.

“Sebagian besar pemain top dunia ada di Asian games, sehingga dalam satu pertandingan di sini, satu kesalahan kecil saja bisa membuat Anda kehilangan kemenangan.”

Bulu tangkis Asian Games mempertandinkan nomor beregu dan perorangan. China, yang merupakan raksasa bulu tangkis dunia, ditengarai akan menyapu bersih gelar tersebut.

“Itulah mengapa Asian Games adalah tempat mengalahkan,” kata pelatih kepala tim China, Li Yongbo.

“Jika para pemain bermain habis-habisan pada kompetisi beregu, mereka kehilangan performa untuk pertandingan perorangan.”

Asian Games akan dibuka pada Jumat (12/11/10), dengan kompetisi bulu tangkis dimulai pada Sabtu (13/11/10).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: