Taufik: Jangan Terlalu Harapkan Saya!

Taufik Hidayat

GUANGZHOU, KOMPAS.com — Taufik Hidayat menyatakan, Indonesia jangan terlalu berharap besar kepadanya untuk menyumbangkan emas Asian Games XVI/2010 Guangzhou. Pebulu tangkis nomor satu Indonesia tersebut mengatakan bahwa hal itu terlalu berlebihan.

“Jangan kaitkan terus saya dengan Lin Dan dan jangan berharap terlalu besar medali emas dari saya,” kata Taufik ketika melakukan latihan di Tianhe Sports Centre di Guangzhou, China, Jumat (12/11/2010).

Ini Asian Games keempat yang saya ikuti. Saya senang bila pemain muda Indonesia yang meraih medali emas kali ini.
— Taufik Hidayat

Menurut Taufik, membebankan raihan medali emas di puncaknya merupakan tindakan keliru, meskipun di lain pihak ia juga ingin melakukan hattrick menjadi kampiun dan peraih medali emas pada Asian Games.

“Ini Asian Games keempat yang saya ikuti. Saya senang bila pemain muda Indonesia yang meraih medali emas kali ini,” kata Taufik.

Pemain kelahiran Pangalengan, Kabupaten Bandung, 10 Agustus 1981, itu mengaku tidak menganggap pertemuan dengan Lin Dan sebagai hal luar biasa. Taufik, yang pekan lalu menjuarai Perancis Terbuka 2010, menyatakan, penampilannya di Asian Games XVI/2010 akan sama seperti atlet lainnya, yaitu melakukan yang terbaik dan bertanding seperti lainnya.

“Kenapa selalu dikaitkan dengan Lin Dan? Saya kira pertemuan dengannya biasa,” katanya.

Ia menyebutkan, Lee Chon Wei dan Lin Dan merupakan pemain yang jauh lebih muda dibanding dia. Meski demikian, dia mengaku hal itu tidak bisa dijadikan ukuran. Namun, hal tersebut setidaknya bisa menjadi perhatian dari PBSI untuk pembinaan ke depan.

Terkait kesiapannya menjadi tunggal pertama nomor beregu, menurut Taufik, hal itu tidak ada masalah. Namun, ia menyatakan siap turun di partai mana pun.

“Menjadi tunggal pertama karena peringkat saya lebih tinggi saja. Yah, saya harus siap. Enggak masalah,” katanya.

Pada latihan terakhirnya menjelang partai pertama cabang bulu tangkis Asian Games XVI/2010, Taufik melakukan latih tanding dengan Sony Dwi Kuncoro.

Sementara itu, Sony ketika ditemui menyatakan siap turun di nomor beregu. Terkait cedera yang dialaminya, Sony mengaku sudah sembuh dan siap tampil.

“Meski absen di Denmark dan Perancis Terbuka, saya tetap berlatih dan memulihkan kondisi. Mudah-mudahan saja saya bisa bermain maksimal,” kata Sony.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: