Bulutangkis Harus Evaluasi

Hendra Setiawan (kiri) dan Markis Kido, menyabet medali emas ganda putra nomor perorangan bulu tangkis Asian Games XVI 2010, setelah di final, Sabtu (20/11/10) kalahkan ganda Malaysia Koo Kien Keat/Tan Boon Heong.

GUANGZHOU, KOMPAS.com – Pasangan ganda putra, Markis Kido/Hendra Setiawan berhasil menyumbang satu medali emas dari cabang bulu tangkis. Ini berarti target Pengurus Besar Bulutangkis Seluruh Indonesia (PB PBSI) telah terpenuhi. Namun, manajer tim, Yacob Rusdianto tetap mengakui adanya penurunan prestasi dari bulu tangkis Indonesia saat ini.

Indonesia dulu terkenal merajai olahraga tepok bulu ini di berbagai kejuaraan baik nomor putra maupun puteri. Akan tetapi kini kesulitan mengimbangi pengingkatan prestasi bulu tangkis negara asia lainnya seperti China, Korea Selatan bahkan Malaysia.

“Target Indonesia di bulu tangkis memang satu emas dan sudah terpenuhi sudah dari ganda putra. Selama event pemain menunjukkan permainan terbaik mereka. Malaysia, Thailand, Cina Taipei juga memperlihatkan performance terbaik di Asian Games ini, dan satu emas dan tiga perunggu merupakan hasil maksimal,” kata Yacob.

Menyusul jejak Kido/Hendra, pasangan ganda putera lainnya yaitu Alven Yulianto/ Muhammad Ahsan mempersembahkan medali perunggu. Dengan perolehan ini cabor bulu tangkis tercatat menyumbang empat medali yang terdiri dari satu emas dan tiga perunggu. Dua perunggu lainnya diperoleh dari nomor beregu putra dan putri.

Meski telah memenuhi target, Yacob tetap berjanji akan melakukan evaluasi pasca-multievent olahraga terbesar se-Asia ini. Hal itu, menurutnya merupakan bahan perbaikan ke depan untuk mempersiapkan regenerasi atlet secara lebih cepat dan tepat lagi, sehingga mampu mempertahankan prestasi yang telah dilakukan atlet-atlet yang saat ini sudah memasuki usia senior.

“Fokus PBSI saat ini persiapan tim untuk SEA Games 2011, dan tim ini masih menjadi ujung tombak,” pungkas Yacob.

Adapun tim bulu tangkis Indonesia, dijadwalkan akan kembali ke Tanah Air pada Senin (22/11/2010). Setelah kumpul di Pelatnas selajutnya akan dikembalikan ke daerah masing-masing.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: