Kido/Hendra Siap “Mati” demi Emas

GUANGZHOU, KOMPAS.com — Ganda putra nomor satu Indonesia, Markis Kido/Hendra Setiawan, selangkah lagi meraih medali emas Asian Games XVI 2010 di Guangzhou, China. Namun, pasangan terbaik Tanah Air ini bakal menghadapi tantangan terberat, yaitu ganda nomor satu dunia asal Malaysia, Koo Kien Keat/Tan Boon Heong.

Meskipun rekor pertemuan menjadi milik lawan, Kido/Hendra siap bertarung habis-habisan untuk raih emas. Selain itu, mereka juga menjadi harapan tunggal untuk mempertahankan tradisi emas bulu tangkis Indonesia.

“Selama ini lebih banyak kalahnya. Namun saat ini suasananya lain. Saya akan tampil all-out dan memberikan yang terbaik bagi Indonesia,” kata Kido setelah mereka memastikan diri maju ke final multi-event empat tahunan ini.

Hal senada juga diungkapkan oleh Hendra. Dia mengaku akan memaksimalkan kemampuan supaya bisa meraih medali emas untuk melengkapi gelar-gelar juara yang diraih dalam kariernya.

Sebenarnya, Hendra punya harapan besar agar all-Indonesian final tercipta. Sayang, hal itu tidak terwujud karena Muhammad Ahsan/Alvent Yulianto Chandra gagal melewati hadangan Koo/Tan.

“Berharap sih bisa ketemu Ahsan/Alven. Sayang, mereka gagal. Kami akan berjuang untuk medali emas,” kata Hendra.

Kido/Hendra meraih tiket ke final setelah melewati perjuangan melelahkan nan menegangkan ketika bertemu musuh bebuyutannya dari Korea Selatan, Jung Jae Sung/Lee Yong Dae. Pada pertandingan itu, Kido/Hendra menang 21-15, 13-21, 21-18.

Ini membuat kubu Indonesia sedikit merasa lega karena masih ada harapan untuk membawa pulang emas dari cabang bulu tangkis. Pasalnya, tinggal Kido/Hendra yang menjadi tumpuan untuk mewujudkan target minimal satu emas dari olahraga tepok bulu ini.

Ya, dua ganda campuran yang diharapkan bisa membuat kejutan, yaitu Fran Kurniawan Teng/Pia Zebadiah Bernadet dan Ahmad Tontowi/Liliyana Natsir, gagal melangkah lebih jauh. Sementara itu, tunggal putra Taufik Hidayat, yang pada Asian Games sebelumnya meraih emas, juga terjegal pada babak perempat final.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: