Lin Dan Bertemu Chong Wei di Final

Pemain China, Lin Dan (kiri), bersalaman dengan pemain Korsel, Park Sung Hwan, yang dikalahkannya pada semifinal Asian Games XVI 2010.

JAKARTA, Kompas.com – Final ideal tercipta pada laga pamungkas nomor perseorangan cabang olahraga bulu tangkis Asian Games XVI 2010 di Guangzhou, China, Minggu (21/11/10). Pasalnya, terjadi “perang” besar antara pemain nomor satu dunia Lee Chong Wei, dengan musuh bebuyutannya dari China, Lin Dan.

Lin Dan dan Chong Wei menuju partai puncak setelah di semifinal, Sabtu (20/11/10), menyingkirkan lawan-lawannya. Chong Wei lebih dulu meraih tiket ke final setelah bermain tiga game melawan tunggal nomor dua China, Chen Jin, dengan skor akhir 14-21, 21-15, 21-7, sedangkan Lin Dan menghentikan langkah pemain Korea Selatan Park Sung Hwan dengan dua game 21-14, 21-10.

Pertemuan dua seteru besar ini juga menjadi ulangan partai final Olimpiade Beijing 2008, di mana Lin Dan yang menjadi pemenang. Kini, mereka bertemu lagi di partai puncak untuk perebutan medali emas;.

Berdasarkan data pertemuan kedua pemain, Lin Dan memiliki jumlah kemenangan yang sangat meyakinkan. Dari total 21 pertemuan, Lin Dan menang 14 kali dan sisanya menjadi milik pemain Malaysia tersebut.

Meskipun demikian, dalam pertemuan terakhir di Jepang Terbuka Super Series 2010 pada 26 September lalu, Chong Wei berhasil mengalahkan Lin Dan. Ini memberikan indikasi bahwa Lin Dan harus mewaspadai kebangkitan Chong Wei, yang mengakui bahwa dia belum menemukan taktik dan strategi yang tepat untuk mengakhiri dominasi Lin Dan atas dirinya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: