Spektakuler! Kido/Hendra Sabet Emas

JAKARTA, Kompas.com – Markis Kido/Hendra Setiawan mempersembahkan medali emas bagi Indonesia di arena bulu tangkis Asian Games XVI 2010, Sabtu (20/11/10) di Tianhe Gymnasium. Di partai puncak, pasangan nomor satu Tanah Air tersebut menang 16-21, 26-24, 21-19 atas pasangan Malaysia, Koo Kean Keat/Tan Boon Heong.

Dengan demikian, Kido/Hendra menyelamatkan muka Indonesia, yang tinggal berharap kepada mereka. Peraih medali emas Olimpiade Beijing 2008 ini pun mempertahankan tradisi emas bulu tangkis Indonesia.

Kido/Hendra bermain sangat spektakuler dalam laga yang menegangkan ini. Setelah memenangkan game kedua dengan deuce, mereka menyelesaikan game ketiga dengan lebih bagus.

Di awal pertandingan, terjadi kejar-mengejar poin sehingga pertarungan berlangsung ketat. Tapi setelah skor 16-16, Hendra kerab melakukan unforced error, yang harus dibayar mahal dengan kekalahan 16-21.

Namun di game kedua, Kido/Hendra bermain lebih bagus. Serangan yang variatif serta defence kuat, membuat mantan pemain Pelatnas Cipayung ini lebih banyak memimpin perolehan poin hingga meraih game point 20-18.

Tinggal satu angka lagi, Kido/Hendra gagal menyelesaikannya sehingga lawan bisa mengejar dan memaksa deuce. Ketegangan pun mulai melanda, ketika Kido/Hendra gagal menyelesaikan empat peluang game point.

Beruntung, pada kesempatan terakhir, yaitu game point keempat–setelah Koo/Tan sempat mendapat 1 match point tetapi berhasil dimatikan lagi–Kido/Hendra berhasil menambah angka untuk menang 26-24, dan memaksa rubber game.

Pada game ketiga yang menjadi penentu, Kido/Hendra bermain lebih bagus. Mirip dengan ketika mengalahkan pasangan Korea Selatan, Jung Jae Sung/Lee Yong Dae di semifinal kemarin, Kido/Hendra bermain lebih agresif.

Bukan cuma hanya mengandalkan smes-smes keras, pasangan nomor tiga dunia ini pun sesekali melancarkan drop shot, yang memaksa Koo dan Tan harus jatuh-bangun. Kido/Hendra sempat memimpin jauh 15-9.

Unggul enam angka, performa Kido/Hendra agak menurun sehingga pasangan Malaysia, yang kini peringkat dua dunia, bisa menyusul dan balik memimpin 17-16. Beruntung, mental juara yang dimiliki, serta tekad untuk meraih emas yang dicanangkannya, membuat Kido/Hendra bisa bangkit lagi dan ketika menyamakan skor jadi 19-19, mereka langsung menambah dua poin untuk menang 21-19, sekaligus menyabet emas.

Dengan demikian, Kido/Hendra mewujudkan impian Indonesia untuk sabet emas bulu tangkis. Sedangkan Muhammad Ahsan/Alvent Yulianto Chandra raih perunggu, setelah di semifinal dikalahkan Koo/Tan.

Secara keseluruhan, dari bulu tangkis Indonesia hanya meraih 1 emas dan tiga perunggu. Sebelumnya, dua perunggu diraih lewat nomor beregu putra dan putri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: